Idol K-Pop Generasi ke-4 Ini Raup Keuntungan Pribadi Hampir Rp31 Miliar/allkpop
Entertainment

Idol K-Pop Generasi ke-4 Ini Raup Keuntungan Pribadi Hampir Rp31 Miliar

Mutiara Nabila
Selasa, 16 Januari 2024 - 12:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di industri K-Pop, para idol bisa menghasilkan uang dengan banyak cara selain dari merilis musik dan video musik mereka.  

Kekayaan para idola ini bergantung pada popularitasnya. Beberapa orang memiliki peluang untuk menjadi lebih kaya dan menjadi orang yang berpengaruh dalam sehingga bisa mendapat endorse, duta, hingga iklan dengan nilai yang lebih tinggi.

Cara-cara ini sering kali menjadi sumber pendapatan yang justru lebih signifikan, tak jarang bahkan melebihi pendapatan mereka dari musik. Seperti di sebagian besar industri, beberapa bintang "bersinar" lebih terang dan menghasilkan keuntungan pribadi yang luar biasa dengan kehadiran mereka. 

Melansir Koreaboo, salah satu bintang yang bersinar sepanjang 2023 adalah idol dari generasi ke-4, Jang Wonyoung, anggota girl group IVE. 

Dia diperkirakan mengumpulkan laba hampir 2,50 miliar won atau hampir US$2 juta, setara dengan Rp31 miliar pada sepanjang 2023.

Adapun, total kekayaan perempuan yang lahir pada 31 Agustus 2004 itu mencapai US$5 juta atau sekitar Rp77,95 miliar. 

Ketenaran dan kekayaan Wonyoung yang makin tinggi adalah buah dari branding strategis dan upaya menarik perhatian pasar yang sukses. 

Sejumlah laporan menunjukkan bahwa dia tidak hanya menjadi wajah merek fesyen kelas atas seperti MIUMIU, tetapi juga terus menjalin hubungan dengan label seperti Kirsh, Innisfree, dan Samsung Galaxy.  

Aliran penawaran yang terus-menerus dari perusahaan-perusahaan besar ini menegaskan daya tarik dan pengaruh pasarnya.

Pada 2022 sendiri, Wonyoung memfilmkan total tujuh iklan individu, menunjukkan kemampuannya di berbagai bidang, dan daya tariknya di berbagai segmen. Diversifikasi ini tidak hanya memperluas jangkauannya namun juga meningkatkan pendapatannya secara signifikan.

Namun kesuksesan Wonyoung tidak hanya terbatas pada usaha individunya. Sebagai anggota IVE, kontribusinya sangat penting dalam grup. 

Grup itu menjual lebih dari 2 juta kopi album hanya dalam sembilan bulan beraktivitas. Pencapaian luar biasa ini menunjukkan besarnya pendapatan yang dihasilkan, yang sebagiannya tentu saja berkontribusi terhadap pendapatan pribadi Wonyoung.

Popularitas Wonyoung semakin meroket sejak debutnya pada 2021, saat masih tergabung dalam girl grup IZ*ONE.  

Bersama dengan IVE, setiap lagu yang dia rilis menduduki puncak berbagai tangga lagu, menunjukkan basis penggemarnya yang kuat. Selain itu, IVE juga akan memperluas pengaruhnya dengan melaksanakan tur dunia pertama mereka pada 2024 ini, yang kemungkinan akan meningkatkan profil dan pendapatan Wonyoung lebih jauh lagi.

Wonyoung adalah salah satu contoh utama, sejajar dengan para ikon populer lainnya seperti Jennie BLACKPINK dan Irene Red Velvet, bahwa idola K-Pop lebih dari sekadar musisi.  

Mereka bagaikan sebuah merek tersendiri, yang mampu mempengaruhi dan memperoleh penghasilan dari berbagai pasar. Kesuksesan bintang IVE ini pada 2023 adalah indikator yang jelas tentang seberapa menguntungkan usaha ini bagi para idola populer, yang menjelaskan mengapa kesepakatan merek sangat dicari oleh perusahaan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro