Ilustrasi sahabat lebih dari sekadar teman bahkan jadi kekasih Anda/Freepik.com
Relationship

15 Tips untuk Menemukan Jodoh di 2024

Reyhan Fernanda Fajarihza
Sabtu, 27 Januari 2024 - 19:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Cara menemukan jodoh barangkali menjadi menjadi misteri. Tak jarang, untuk berlabuh pada dermaga yang tepat, seseorang memerlukan waktu hingga bertahun-tahun dan kesabaran menjadi kunci.

Penyair termasyhur tanah air, Sapardi Djoko Damono, pernah menggambarkan beratnya perjalanan mencari tambatan hati ini melalui salah satu sajaknya yang bertajuk Pada Suatu Hari Nanti.

“Pada suatu hari nanti/ impianku pun tak dikenal lagi / namun di sela-sela huruf sajak ini/ kau takkan letih-letihnya kucari,” demikian bait terakhir sajak yang digubah pada 1991 ini.

Meskipun demikian, hal ini bukan berarti bahwa proses menemukan jodoh akan selamanya remang. Ada beberapa tips agar pendar atau cahaya jodoh Anda dapat ditemukan pada 2024 ini.

Simak tips menemukan jodoh 2024:

1. Fokus Pada Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Sebagai manusia, tentu ada hal-hal yang menjadi kekurangan seseorang, seperti permasalahan hubungan masa lalu yang berpengaruh secara mental emosional. Berfokus menciptakan versi terbaik diri sendiri dapat memudahkan seseorang untuk menemukan jodoh, karena lebih siap dalam menerima sosok orang lain.

2. Cari Tahu Apa yang Diinginkan dari Sebuah Hubungan

Penting bagi seseorang untuk mencari tahu apa yang diinginkan dari sebuah hubungan. Menentukan keinginan ini membantu seseorang mengetahui sosok pasangan yang layak dalam menjalani hidup ke depannya, sehingga perlu ada waktu khusus yang diluangkan untuk hal ini.

3. Terima Diri Sendiri

Ketika ingin menemukan jodoh, seseorang perlu pula meluangkan waktu untuk menerima diri sendiri. Sulit bagi bagi seseorang untuk mencintai orang lain apabila yang bersangkutan gagal mencintai dirinya sendiri.

4. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang menemukan pasangannya terlebih dahulu, karena setiap orang mempunyai perbedaan jalan hidup. Namun, Anda selalu dapat meminta saran dari teman yang telah menemukan jodohnya.

5. Belajar dari Masa Lalu

Mungkin ada alasan mengapa hubungan Anda yang lalu tidak berhasil. Namun, mencari tahu kesalahan romansa di masa lalu, dan memikirkan cara menghindarinya, akan mempermudah pengambilan keputusan yang lebih baik di masa depan.

6. Bersikap Fleksibel

Banyak hal yang dapat berubah soal jodoh. Ketika bertemu orang yang tepat, kebutuhan dan keinginan Anda mungkin berubah. Penting untuk mempunyai gagasan bagus tentang sebuah hubungan, tetapi memiliki kesadaran untuk mengikuti arus juga sama pentingnya.

5. Jujur Sejak Awal

Jika ada satu hal yang dapat menghalangi kebahagiaan Anda sebelum memulai hubungan, maka hal itu harus dikatakan secara jujur sejak awal. Ini termasuk saat mendiskusikan masa lalu, masa kini, atau masa depan bersama seseorang yang Anda yakni sebagai jodoh itu.

6. Komunikasi adalah Kunci

Komunikasi adalah salah satu bagian terpenting dari hubungan yang sukses. Menjaga kejelasan dan kejujuran sejak awal akan membuat hubungan seseorang lebih sehat, utamanya dalam tahapan yang serius seperti rumah tangga.

7. Jangan Bermain-main

Seseorang mungkin saja hanya bermain-main dalam suatu hubungan. Perlu untuk bersikap tegas dalam hal ini. Misalnya jika Anda tidak tertarik pada seseorang yang berusaha mendekat, maka katakanlah dengan jelas sehingga kedua pihak dapat melanjutkan hidup masing-masing.

8. Berpikiran Terbuka

Sebagian besar ketertarikan kita pada seseorang berasal dari bagaimana cara mengenal mereka. Penting untuk berpikiran terbuka dalam mengenali dan menerima karakter seseorang, sehingga kita dapat menentukan langkah yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro