Dua mahasiswa asal Indonesia akan berkompetisi dalam kompetisi desain dan arsitektur AYDA International Summit 2024 di Chennai, India.
Fashion

Dua Mahasiswa Wakili Indonesia di Kompetisi Desain dan Arsitektur AYDA 2024

Hafiyyan
Minggu, 11 Februari 2024 - 16:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dua mahasiswa asal Indonesia akan berkompetisi dalam kompetisi desain dan arsitektur AYDA International Summit 2024 di Chennai, India, pada 3-5 Juli 2024.

Asia Young Designer Awards (AYDA) pertama kali diluncurkan pada tahun 2008 dengan nama Nippon Paint Young Designer Award (NPYDA). Pada tahun 2011, NPYDA berkembang menjadi kompetisi regional yang diikuti oleh negara 4 negara. Untuk Indonesia sendiri, NPYDA pertama kali diadakan pada tahun 2012 dan dilaksanakan secara rutin hingga saat ini.

AYDA Awards telah diadakan di 16 negara di Asia, dan diikuti lebih dari 1200 institusi pendidikan, serta memperoleh lebih dari 45.000 karya dan akan terus bertambah setiap tahunnya.

Pada AYDA Awards 2023/24, panitia melakukan penjurian di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat yang diselenggarakan pada Rabu (7/2/2024). Sebanyak 10 orang finalis yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, berlomba mempresentasikan karya desain mereka.

Setelah melalui proses penjurian, pada Grand Finals AYDA Awards 2023/24 Gold Winner berhasil dimenangkan oleh dua mahasiswa terbaik.

Kategori Arsitektur dimenangkan oleh Kelvin dari Universitas Sumatera Utara dengan karya UNCHAIN dan untuk kategori Desain Interior dimenangkan oleh Alifiah Azzahrah dari Telkom University dengan karya PAYABO HOUSE.

Bagi pemenang utama, AYDA memberikan penghargaan berupa uang tunai sebesar Rp20 juta, kesempatan magang, serta mewakili Indonesia dalam ajang AYDA International Summit 2024 di Chennai, India pada 3-5 Juli 2024. Ajang itu memperebutkan gelar Asia Young Designer of The Year dan berkesempatan mendapatkan beasiswa senilai US$10.000 di Harvard Graduate School of Design bagi peraih Gold Award.

Ramdhan Effendi, Sr. Project Sales Manager Nippon Paint Indonesia, menyampaikan tingginya antusiasme dan semangat berkompetisi para peserta yang merupakan calon arsitek dan desainer interior muda Indonesia, membuat AYDA Awards mengapresiasi dan mendukung penuh dalam memberikan ruang bagi talenta muda dalam berkarya.

"Penyelenggaraan AYDA Awards kali ini telah memasuki tahun ke-16 dan menjadi ajang kompetisi desain tingkat internasional yang bekerjasama dengan para profesional industri arsitektur dan desain interior, sebagai platform mengembangkan kapabilitas bagi para desainer muda dan ajang networking agar mampu bersaing di tingkat global," jelasnya dalam siaran pers, Minggu (11/2/2024).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, AYDA Awards 2023/24 mengusung tema Converge: Championing Purposeful Designs. Ketika kebanyakan desain bersifat komersil, desainer muda melalui tema AYDA Awards ini ditantang untuk membuat desain yang lebih mendalam mengenai pengembangan masyarakat yang belum teratasi masalahnya.

“Melalui tema tahun ini kami ingin mendorong para desainer muda untuk menggabungkan kreativitas dalam mendesain dengan isu global yang sedang diperjuangkan. Tujuan akhir dari karya ini adalah untuk membangun harapan bagi masyarakat yang membutuhkan solusi dan membantu perkembangan masyarakat melalui desain,” kata Ramdhan.

Selain itu, Nippon Paint juga membuka kompetisi Creative Colour Awards (CCA) yang baru diluncurkan pada akhir tahun 2022 lalu. Kompetisi ini dipersembahkan untuk para praktisi Arsitek dan Desainer Interior Profesional.

“CCA merupakan salah satu bentuk dukungan kami untuk mengapresiasi rancangan-rancangan dari para praktisi profesional. Untuk tahun ini, batas pendaftaran kompetisi masih terbuka hingga 12 April 2024.

Dengan demikian masih terbuka kesempatan untuk bersaing dengan arsitek dan desainer interior dari negara lain yang juga turut serta berkompetisi dalam CCA,” imbuh Ramdhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro