Kimchi/lottemart
Health

Makan Kimchi Ternyata Bisa Menurunkan Berat Badan

Redaksi
Rabu, 21 Februari 2024 - 11:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kimchi menjadi hidangan khas Korea yang diminati banyak orang. Makanan ini ternyata memiliki khasiat ajaib yakni bisa menurunkan berat badan.

Kimchi menjadi makanan khas dari Korea Selatan yang banyak dikenal orang. Kimchi dibuat menggunakan bahan utama sawi putih ini, dibuat dengan cara fermentasi, memiliki citarasa pedas, asin, manis, dan asam.

Cita rasa kimchi berasal dari bumbu yang digunakan, seperti bawang putih, jahe, buah pir, kecap asin, dan bubuk cabai merah. Biasanya makanan ini disajikan sebagai hidangan pendamping bagi masyarakat disana.

Dikutip dari thehealthy.com, Rabu (21/2/2024) studi epidemiologi baru yang diterbitkan dalam British Medical Journal, para peneliti sedang melakukan tinjauan mengenai konsumsi kimchi yang berdampak pada penurunan berat badan.

Penelitian ini menargetkan narasumber sekitar 100.000 warga Korea yang berusia rata-rata 52 tahun. Peserta dikategorikan berdasarkan umur serta jumlah porsi yang disesuaikan setiap harinya. Nantinya, hal ini akan dianalisis secara mendalam terkait adanya penurunan atau kenaikan berat badan setelah mengonsumsi kimchi.

Secara keseluruhan, efek yang diberikan saat mengonsumsi kimchi berbeda bagi pria dan wanita. Persentase penurunan berat badan untuk pria sekitar 10% dan untuk wanita sekitar 8%.

Alasan mengapa kimchi dapat berkontribusi bagi penurunan berat badan adalah, karena saat proses fermentasi berlangsung banyak menghasilkan bakteri yang menguntungkan. Menurut penelitian lain, rempah yang digunakan dalam pembuatan kimchi, memiliki efek menguntungkan terhadap penurunan berat badan.

Namun, hal ini juga dibatasi pada jumlah porsi yang dikonsumsi setiap harinya. Jumlah yang normal dalam mengonsumsi kimchi adalah 3 kali dalam sehari.

Jika lebih dari jumlah tersebut, nantinya kimchi bisa menimbulkan kenaikan berat badan. Karena sebagian besar masyarakat Korea mengonsumsi kimchi dengan lauk tambahan berupa nasi dan daging, hal ini yang membuat kimchi bisa memicu kenaikan berat badan karena adanya tambahan kalori di lauk tersebut.

Dilansir dari thehealthy.com, para peneliti menyimpulkan bahwa kimchi memiliki kandungan natrium yang cukup banyak dan berdampak buruk bagi kesehatan. Kandungan natrium ini, berasal dari bahan utama kimchi yaitu sawi putih yang difermentasikan selama 1 hari menggunakan garam.

Jika dikonsumsi terlalu banyak, ditambah dengan kadar kalori yang tinggi dari lauk lainnya, akan berdampak pada kenaikan berat badan hingga obesitas. Hal seperti ini sering disalah artikan oleh masyarakat. Melihat kimchi sebagai hidangan pendamping dan berasal dari bahan sayuran, membuat siapapun akan mengonsumsi kimchi secara berlebih. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro