Pemeriksaan diabetes/istimewa
Health

Jadi Penyakit Mematikan, Ini Tips Cegah Terkena Diabetes

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 27 Februari 2024 - 16:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia tengah merancang aturan cukai pada minuman berpemanis agar dapat menekan penyakit diabetes di tanah air.

International Diabetes Federation (IDF) mencatat 6,7 juta orang meninggal diakibatkan diabetes. Penyakit ini perlu kita hindari sejak dini, karena diabetes bisa terjadi pada siapa saja.

Perlu diketahui, menurut aturan Permenkes Nomor 30 Tahun 2013 tentang konsumsi gula menganjurkan seseorang untuk mengkonsumsi 10 persen gula dari total energy (220 kkal), atau setara takaran 4 sendok makan atau 50 gram per orang per hari.

Terbaru, mengutip data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tojo Una-Una yang dilansir laman Kemenkes, mencatat jumlah penderita diabetes di tahun 2023 sebanyak 9.775 orang.

Walaupun pemerintah akan mengupayakan pengobatan dan pencegahan diabetes, kita harus peduli dengan diri sendiri untuk menghindari penyakit mematikan tersebut.

Melansir dari Diabetes UK, tersapat tips-tips agar kamu bisa terhindar dari diabetes, yaitu:

1. Kurangi minuman dengan kadar gula tinggi

Mengonsumsi minuman pemanis buatan atau bersoda mempunyai kadar gula yang tinggi. Hal ini dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Seperti penjelasan di atas bahwa anjuran mengonsumsi gula adalah sebanyak 50 gram. Anda bisa beralih untuk hidup sehat dengan memperbanyak minum air putih, susu, atau jus. 

2. Konsumsi karbohidrat berserat tinggi

Anda bisa mengonsumsi nasi merah, roti gandum, dan oat yang mempunyai serat tinggi. Hal itu bisa Anda dapatkan dari makanan, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan susu tanpa pemanis. Dengan begitu, Anda bisa menstabilkan kondisi gula dalam tubuh dan tetap beraktivitas tanpa adanya hambatan. 

3. Berhentilah mengonsumsi alkohol

Minuman beralkohol mempunyai kadar gula tinggi yang meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes. Tak hanya diabetes, jika dikonsumsi dalam jangka waktu sering, Anda harus bersiap berhadapan dengan berbagai komplikasi penyakit seperti seperti kerusakan hati, ginjal, hingga kanker.

4. Konsumsi camilan sehat

Jika biasanya Anda mengonsumsi keripik kentang, biscuit, dan coklat nampaknya harus mulai beralih ke camilan yang menyehatkan. Pasalnya, camilan tersebut mempunyai kandungan gula diatas rata-rata jika dikonsumsi terlalu sering.

Sebagai gantinya, Anda bisa memakan buah, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan susu tanpa pemanis.

5. Olahraga

Aktivitas yang satu ini memang sulit untuk dilaksanakan karena rasa malas selalu menghantui saat ingin melakukannya. Namun, berolahraga memiliki andil untuk mencegah diabetes karena bisa memecah kadar gula didalam tubuh kita yang diubah menjadi sumber , energi. Jika dilakukan rutin, kamu bisa meminimalisir terjangkit diabetes. Sebagai referensi Anda  bisa melakukan jogging, bulu tangkis, hingga senam

6. Konsumsi vitamin

Mulailah mengonsumsi vitamin, terutama vitamin D untuk meningkatkan kinerja insulin yang bertugas mengontrol penyebaran gula ke seluruh tubuh. Ini akan membantu kamu terhindar dari masalah diabetes yang mengerikan.

Mengatur pola hidup sehat merupakan kunci utama untuk terhindar dari diabetes. Mulailah mengurangi makanan atau minuman yang mempunyai kadar gula yang tinggi. Tingkatkan produktivitas olahraga agar badan menjadi bugar.

Untuk mendapatkan edukasi pencegahan diabetes, Anda bisa langsung berkonsultasi kepada dokter atau perawat agar bisa menyesuaikan dengan kondisi tubuh. Sehingga, Anda bisa terhindar atau mengobati diabetes. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro