10 Negara Produsen Kurma Terbesar di Dunia, Indonesia Salah Satu Importir Terbanyak. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Travel

10 Negara Produsen Kurma Terbesar di Dunia, Indonesia Salah Satu Importir Terbanyak

Redaksi
Senin, 4 Maret 2024 - 15:02
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA – Kurma jadi menu andalan yang selalu hadir menemani bulan suci Ramadhan. Negara di wilayah timur tengah menjadi penyokong kebutuhan buah kurma ke berbagai negara.

Tentunya kegiatan ekspor tersebut disesuaikan dengan tingkat minat masyarakat terhadap kurma.

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) dari Bisnis, pada Februari 2022 terdapat peningkatan impor kurma sebanyak 53,4% dibandingkan tahun sebelumnya di periode yang sama, yaitu berkisar 8,8 ribu ton per Februari 2021 (yoy).

Desember 2022, Indonesia disuntik kebutuhan kurma sebanyak 1.300 ton.

Sedangkan pada bulan Januari 2023 terdapat lonjakan sebanyak 13.230 ton atau meningkat di angka 125,8%, hitungan (month-to-month).

Angka itu hanya meliputi negara Indonesia, di mana masih ada negara-negara lain yang membutuhkan buah kurma.

Lantas negara mana saja yang menghasilkan buah kurma terbanyak di dunia?

Melansir worldostats.com ada 10 negara yang menyokong kebutuhan kurma,yaitu:

1. Mesir

Mesir masih menjadi primadona penyuplai kurma ke berbagai negara. Tercatat, Mesir mengekspor kurma sebanyak 1.747.715 ton per tahun 2023.

Mesir menjadi pemasok kurma terbesar di Indonesia dengan total 7,9 ribu ton per tahun 2022.

Mesir terkenal memiliki ladang kurma terbesar yang terletak di sepanjang Delta Nil dan Mesir Hulu. Jenis yang paling diminati adalah Deglet Noor dan Zaghloul.

2. Arab Saudi

Di urutan kedua ada Arab Saudi yang mengekspor kurma sebanyak 1.565.830 ton. Jenis kurma yang tersohor dari negara ini adalah Medjool. Setiap tahunnya Arab Saudi menggelar pesta kurma dari berbagai produk. Pada tahun 2022, Arab Saudi mengirimkan 1,4 ribu ton kurma ke Indonesia.

3. Iran

Masih dari wilayah Timur Tengah, Iran merupakan produsen buah kurma yang mampu menghasilkan sebanyak 1.303.717 ton kurma. Komoditas kurma Mazafati, Piarom, dan Zahedi jadi produk yang laris dipasarkan. Negara di benua Eropa dan Asia merupakan peminat kurma dari negara tersebut.

4. Aljazair

Di urutan ke empat ada negara Aljazair yang bisa menghasilkan 1.188.803 ton kurma untuk memenuhi kebutuhan di berbagai negara. Indonesia pernah mengimpor buah kurma dari negara tersebut sebanyak 168 ton pada tahun 2022. Varian Deglet Nour dan Medjool paling merupakan jenis yang paling banyak dicari karena mempunyai kualitas tinggi.

5. Irak

Irak menjadi salah satu negara penghasil kurma tertua di dunia dengan perolehan panen sebanyak 750.225 ton. Kurma Barhi dan Khalas jadi varian terpopuler di berbagai negara.

6. Pakistan

Kurma Aseel dan Sayer merupakan jenis kurma andalan dari negara Pakistan. Pakistan mampu menghasilkan 532.880 ton kurma untuk menyuplai pasar internasional.

7. Sudan

Sudan mampu menghasilkan 460.097 ton kurma untuk berbagai varian, di mana Bireir, Abid, Rahman, dan Barkawi menjadi jenis favorit di pasaran.

8. Oman

Selain berhasil mengekspor minyak, gas alam, hingga biji besi, Oman juga mampu menghasilkan 374.200 ton kurma yang dipasarkan ke berbagai negara. Kurma di negara itu terkenal dengan warna coklat tua dan memiliki ukuran besar.

9. UEA

Uni Emirat Arab (UEA) mampu memanen 351.077 ton kurma. Wilayah yang terkenal memproduksi kurma adalah Al Ain. Jenis kurma Ajwa selalu jadi incaran bagi para peminatnya di berbagai negara, kurma ini diyakini mempunyai berbagai khasiat untuk kesehatan.

10. Tunisia

Memiliki luas setara pulau Jawa, Tunisia mampu memproduksi dan menghasilkan 345.000 ton kurma. Varian Deglet Noor memiliki peminat cukup banyak di pasar internasional.

11. Israel

Berdasarkan catatan statista, Israel mengekspor 2.911 metrik ton per Desember 2021. Di tahun tersebut, lonjakan ekspor terjadi pada bulan Oktober sebanyak 5,672 ton. Total pada Juli 2021 sampai Desember 2021, Israel mampu menghasilkan 20.559 ton kurma untuk diekspor ke berbagai negara. Adapun varian kurma yang dihasilkan Israel, di anataranya Carmel Agrexco, Hadiklaim, hingga syam.

Bahkan kegiatan ekspor kurma ini bisa mendongkrak perekonomian negara yang terletak diantara Eropa, Timur tengah, dan Afrika. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro