Hal yang dilarang untuk mengganti puasa Ramadan/Freepik
Health

Simak 10 Hal yang Tidak Membatalkan Puasa

Redaksi
Kamis, 14 Maret 2024 - 20:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat berpuasa, ada beberapa hal yang membuat banyak orang merasa bingung mengenai penyebab batalnya puasa. Banyak orang yang berpikiran apakah masih sah menjalankan puasa apabila menjalani salah satu kegiatan, yang menurut banyak orang dapat membatalkan puasa.

Secara garis besar, hal yang dapat membatalkan adalah sesuatu yang dilakukan secara sengaja dan sadar ketika melakukan hal tersebut. Namun, sebagian orang juga ingin memastikan apakah hal yang biasa dilakukan itu dapat membatalkan puasa.

Inilah 10 hal yang tidak menyebabkan batal puasa, yaitu:

1. Meminum air liur bersamaan dengan sisa makanan yang ada di sela-sela gigi

Meminum air liur tidak menyebabkan batal puasa. Hal ini dikarenakan tubuh manusia menghasilkan air liur setiap detiknya.

Sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi juga tidak membatalkan, hal ini dikarenakan sisa makanan tersebut tidak dalam jumlah yang banyak dan tidak dikonsumsi secara sengaja.

2. Melakukan tes darah

Tes darah tidak membatalkan puasa, karena jarum suntik yang masuk kedalam tubuh tidak membawa cairan yang mengandung asupan gizi. Jarum suntik tersebut hanya digunakan untuk mengambil darah saja, sehingga tidak membatalkan puasa.

3. Melakukan imunisasi

Imunisasi merupakan salah satu kegiatan yang tidak membatalkan puasa. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat didalamnya tidak mengandung asupan gizi bagi tubuh. Untuk kepentingan kesehatan, hal ini juga diperbolehkan dan aman sehingga tidak menyebabkan kebatalan saat berpuasa.

4. Menggunakan skin care

Skin care tidak membatalkan puasa karena digunakan pada bagian luar tubuh. Penggunaan body cream, serum, maupun lainnya tidak akan menyebabkan kebatalan saat berpuasa.

5. Menggunakan inhaler bagi penderita asma

Inhaler bagi penderita asma sangat diperlukan apabila penyakit tersebut kambuh secara mendadak. Setiap hirupan yang keluar dari inhaler tersebut tidak memiliki kandungan cairan yang menyentuh area perut. Jadi, inhaler terbukti aman dan tidak tidak membatalkan puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro