Ilustrasi mudik pakai mobil pribadi. /Bisnis-Muhammad Olga
Travel

Tips Mudik Lebaran 2024: Daftar Persiapan Naik Mobil Pribadi

Lorenzo Anugrah Mahardhika
Kamis, 21 Maret 2024 - 12:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mudik Lebaran telah menjadi tradisi yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat Indonesia.

Setiap tahunnya masyarakat yang bekerja di kota-kota besar harus menempuh jarak ratusan kilometer untuk pulang ke kampung halaman demi merayakan Hari Raya Idulfitri.

Salah satu moda transportasi pilihan masyarakat adalah menggunakan kendaraan mobil pribadi. Berdasarkan survei dari Badan Kebijakan Transportasi bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, pergerakan masyarakat secara nasional pada mudik Lebaran 2024 berpotensi mencapai 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 193,6 juta.

Dari jumlah tersebut, sekitar 18,3% atau 35,42 juta orang di antaranya diprediksi akan menggunakan mobil pribadi sebagai moda transportasi untuk mudik tahun ini.

Mobil kerap menjadi pilihan masyarakat Indonesia karena tidak perlu repot-repot “war” beli tiket moda lain. Selain itu, mobil juga bisa dibuat senyaman mungkin dan dapat disesuaikan kapasitas angkutnya.

Tips Mudik Lebaran 2024 Naik Mobil Pribadi:

Oleh karena itu, beberapa hal wajib diperhatikan masyarakat sebelum mudik Lebaran menggunakan mobil pribadi. Berikut adalah 8 tips mudik Lebaran menggunakan mobil pribadi yang diolah dari berbagai sumber:

1. Cek Kondisi Mobil

Sebelum berangkat mudik menggunakan mobil pribadi, pengecekan kondisi menjadi hal pertama yang harus dilakukan oleh masyarakat. beberapa komponen mobil yang wajib diperiksa sebelum melakukan perjalanan mudik adalah ban dan rem, sistem pendingan dan oli mesin, suspensi dan kaki-kaki mobil, serta kelistrikan mobil seperti aki dan soket lampu.

Jika memang diperlukan, masyarakat dianjurkan untuk melakukan service mobil beberapa hari sebelum keberangkatan agar tidak menimbulkan masalah di tengah perjalanan mudik.

2. Istirahat Cukup

Sebelum memulai perjalanan mudik dengan mobil pribadi, perhatikan kondisi tubuh dengan seksama. Pastikan dalam keadaan fisik yang prima, cukup istirahat, dan terhindar dari kelelahan. Istirahat yang cukup dan menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat akan membantu menjaga konsentrasi dan fokus saat menyetir mobil.

Jika merasa kurang sehat atau mengalami gangguan kesehatan tertentu, sebaiknya tunda perjalanan dan cari penanganan medis terlebih dahulu. Perhatikan juga asupan cairan yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama perjalanan.

3. Sedia Bekal dan Obat-obatan

Saat mudik lebaran, penting untuk selalu membawa bekal dan obat-obatan secukupnya agar mudik bisa berjalan lancar dan nyaman. Bekal yang dibawa sebaiknya yang mudah dicerna dan tidak mudah basi, seperti roti, biskuit, dan air mineral.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa obat-obatan seperti obat sakit kepala, obat flu, obat diare, dan obat mual juga sangat penting. Pastikan obat-obatan tersebut tersedia dalam kemasan yang aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro