Ilustrasi mudik pakai mobil pribadi. /Bisnis-Muhammad Olga
Travel

Tips Mudik Lebaran 2024: Daftar Persiapan Naik Mobil Pribadi

Lorenzo Anugrah Mahardhika
Kamis, 21 Maret 2024 - 12:22
Bagikan

4. Membawa Barang Seperlunya

Pastikan muatan yang dibawa tidak melebihi kapasitas mobil. Jangan memuat barang-barang di atas atap mobil menggunakan kardus berkas, karena hal ini bisa membahayakan keselamatan saat berkendara.

Pastikan juga barang bawaan tidak menghalangi jalan atau menghalangi pandangan saat berkendara.

5. Siapkan Uang Tunai

Meski zaman sekarang serba digital, alangkah baiknya tetap membawa uang tunai. Seperti diketahui, tidak semua tempat memiliki pembayaran secara digital, contohnya ketika parkir umum, pergi ke WC umum, ataupun kuliner di warung.

6. Mempelajari Rute

Sebelum mudik, masyarakat juga perlu mempelajari rute tujuan perjalanan, agar perjalanan lancar dan tidak terjebak macet atau salah informasi terhadap peraturan ganjil genap.

Masyarakat juga dapat memanfaatkan teknologi agar memudahkan saat berkendara ke tempat yang belum dikenal. Ada banyak aplikasi pengarah jalan yang bisa digunakan seperti Google Maps dan Waze.

7. Kondisi Bahan Bakar

Masyarakat juga harus memastikan tangki mobil terisi penuh. Kondisi tersebut untuk mengantisipasi kehabisan bahan bakar ketika melakukan perjalanan yang cukup jauh dan macet.

8. Tempat Penginapan

Ketika perjalanan mudik terlalu jauh, masyarakat perlu tempat penginapan untuk beristirahat. Hal ini juga dapat menghindari dari tindak kejahatan pencurian barang seperti di rest area.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro