Tips Mengatur Pola Tidur Saat Bulan Puasa Ramadan, Agar Tetap Sehat dan Segar di Siang Hari/sleepfoundation
Health

Tips Mengatur Pola Tidur Saat Bulan Puasa Ramadan, Agar Tetap Sehat dan Segar di Siang Hari

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 29 Maret 2024 - 02:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengatura keseimbangan siklus tidur selama Ramadan cukup menantang karena Anda harus terbangun di malam hari untuk santap sahur.

Dengan perubahan kebiasaan makan, peningkatan praktik spiritual, dan perubahan rutinitas sehari-hari, menjaga pola tidur yang sehat menjadi hal yang terpenting namun sering kali sulit dilakukan.

Suman Agarwal, Pendiri dan Ahli Gizi, SelfcarebySuman dilansir dari Timesofindia mengatakan dengan menerapkan pendekatan yang penuh perhatian terhadap kebersihan tidur, menyesuaikan pilihan makanan, dan mengoptimalkan jadwal harian, Anda dapat menjalani bulan ini dengan vitalitas, perhatian penuh, dan kepuasan spiritual.

Berikut beberapa tips untuk mengatur pola tidur selama bulan puasa ramadan

1. Penyesuaian bertahap

Mulailah menyesuaikan jadwal tidur Anda beberapa hari sebelum Ramadhan
dimulai dengan tidur dan bangun sedikit lebih awal setiap hari hingga Anda mencapai jadwal yang Anda inginkan.

2. Tidur siang dengan bijak

Jika memungkinkan, tidur siang sebentar di siang hari untuk membantu menjaga energi Anda
kadarnya, namun hindari tidur siang yang lama yang dapat mengganggu tidur malam Anda.

3. Tetap terhidrasi

Minumlah banyak air antara berbuka puasa dan sahur makan) untuk mencegah dehidrasi, yang dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda.

4. Batasi kafein dan gula

Hindari mengonsumsi minuman berkafein dan manis di dekatnya waktu tidur, karena dapat mengganggu kemampuan Anda untuk tertidur.

5. Paparan cahaya

Paparkan diri Anda pada sinar matahari alami di siang hari dan redupkan lampu malam hari untuk membantu mengatur jam internal tubuh Anda.

6. Makanan seimbang

Makan makanan seimbang saat sahur dan berbuka, termasuk protein, kompleks karbohidrat, dan lemak sehat untuk memberikan energi berkelanjutan sepanjang hari. Pastikan makanan Anda memiliki campuran makanan yang berbeda seperti protein (dari makanan seperti daging, telur, atau kacang-kacangan), karbohidrat kompleks (ditemukan dalam makanan seperti biji-bijian dan sayuran), dan lemak sehat (seperti kacang-kacangan, alpukat, atau minyak zaitun).

Campuran ini membantu memberi Anda energi yang bertahan sepanjang hari, membantu Anda merasa kenyang dan puas hingga tiba waktunya makan lagi.

7. Olahraga sedang

Lakukan olahraga ringan hingga sedang selama jam-jam di luar puasa untuk membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari, tetapi hindari olahraga berat menjelang waktu tidur.

8. Relaksasi penuh kesadaran

Latih teknik relaksasi seperti pernapasan dalam, meditasi, atau peregangan lembut sebelum tidur untuk membantu menenangkan pikiran dan mempersiapkan tubuh untuk tidur. Dengan memasukkan strategi ini ke dalam rutinitas Anda, Anda dapat mengatur siklus tidur Anda dengan lebih baik selama Ramadhan dan menjaga kesejahteraan secara keseluruhan sepanjang bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro