Gangguan kecemasan
Health

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Kecemasan Sosial

Redaksi
Senin, 15 April 2024 - 14:01
Bagikan

Cara untuk mengatasi kecemasan sosial

1. Cognitive Behavioural Therapy (CBT)

Bagi para penderita kecemasan sosial upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi kondisi yang dialami yakni dengan melakukan CBT, terapi ini dapat membantu penderita dalam mengidentifikasi dan melawan pola pikir negatif yang berkaitan dengan situasi sosial. Mulai sekarang cobalah melakukan terapi CBT untuk mengatasi dan mengelola kecemasan yang dialami.


2. Gradual exposure therapy 

Gradual exposure therapy atau terapi pemaparan bertahap menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecemasan sosial yang dialami. Terapi ini dilakukan yakni dengan cara para penderita harus siap menghadapi situasi sosial yang ditakuti secara sistematis dan bertahap, hal ini dapat membantu penderita dalam mengurangi kepekaan yang menjadi pemicu kecemasan sehingga dapat membangun kepercayaan diri dalam interaksi sosial yang dijalani.


3. Teknik kewaspadaan dan relaksasi

Cara lain yang dapat dilakukan dalam upaya mengatasi kecemasan yang dialami yakni melalui teknik kewaspadaan dan relaksasi dengan melakukan latihan pernapasan dalam, meditasi, dan relaksasi pada otot progresif. 


4. Pelatihan keterampilan sosial

Wajib bagi orang yang mengalami kecemasan sosial untuk melakukan pelatihan keterampilan sosial, pelatihan ini akan membantu dalam membangun rasa percaya diri sehingga dapat menurunkan risiko kecemasan yang dialami.

Latihan yang dapat dilakukan yakni melalui komunikasi yang efektif, resolusi konflik dan memiliki ketegasan dalam bertindak.


5. Mencari dukungan sosial

Orang dapat mengalami kecemasan sosial karena tidak memiliki dukungan atau tempat bercerita akan perasaan yang dialaminya untuk itu mulai sekarang cobalah untuk menceritakan masalah yang dimiliki kepada orang yang dapat dipercaya misalnya seperti orang tua, keluarga, pasangan, atau teman sehingga dapat mengurangi kecemasan atas masalah yang sedang dihadapi. 


6. Gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan tidak terkecuali dalam menjaga kesehatan mental. Kecemasan sosial yang dialami terus menerus hanya akan berdampak buruk bagi mental untuk itu mulai sekarang cobalah ubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan melakukan olahraga yang teratur, mengonsumsi nutrisi yang seimbang, tidur yang cukup dan menghindari alkohol serta kafein.

7. Lawan pikiran negatif

Orang yang mengalami kecemasan sosial akan lebih mudah memiliki pikiran negatif, hal ini dikarenakan mereka mengalami rasa kesepian dalam hidupnya untuk itu upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi kondisi tersebut yakni dengan melawan segala pikiran negatif yang datang yakni dengan cara mulai sekarang cobalah fokus pada kelebihan dan pencapaian dalam hidup daripada memikirkan kelemahan yang dimiliki. (Nur Afifah Azahra Aulia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro