Petugas kesehatan menyiapkan suntikan penguat vaksin kanker/Toru Hanai/Bloomberg
Health

NHS Inggris, BioNTech dan Genentech Kembangkan Vaksin Kanker Berbasis mRNA

Mutiara Nabila
Sabtu, 1 Juni 2024 - 13:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – NHS tengah dalam proses meluncurkan uji coba vaksin kanker berbasis mRNA yang dipersonalisasi dengan mutasi kanker individu.

Mengutip laman resminya, NHS telah memulai uji klinis untuk vaksin kanker khusus yang dikembangkan oleh BioNTech dan Genentech kepada pasien. 

Pasien pertama dirawat dengan vaksin kanker usus yang dibuat khusus di Rumah Sakit Universitas Birmingham NHS Foundation Trust. Uji coba ini merupakan bagian dari inisiatif Cancer Vaccine Launch Pad NHS Inggris.

BioNTech sendiri mensponsori uji coba vaksin untuk kanker kolorektal atau kanker usus. Perusahaan akan menyajikan data awal, menyoroti potensi sirkulasi DNA tumor dalam deteksi dini kanker kolorektal.

Vaksin yang sedang diuji coba ini menggunakan teknologi mRNA, serupa dengan vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19 dan disesuaikan dengan mutasi kanker pada individu.

Ribuan pasien diharapkan mendapat manfaat dari Cancer Vaccine Launch Pad, yang memfasilitasi akses cepat terhadap uji klinis di rumah sakit yang berpartisipasi.

Pasien yang terlibat akan menjalani pengambilan sampel jaringan kanker dan tes darah untuk menentukan kelayakan uji coba.

Vaksin yang sedang diteliti bertujuan menginduksi respon imun untuk mencegah kambuhnya kanker pasca operasi. Vaksin-vaksin ini masih dalam tahap uji coba dan menunggu persetujuan regulator.

Untuk Peluncuran Vaksin Kanker, NHS melaporkan bahwa sudah ada 30 rumah sakit di Inggris telah bergabung, dan masih banyak lagi yang akan menyusul.

Inisiatif ini juga akan berkolaborasi dengan mitra farmasi lainnya di Inggris untuk menawarkan uji coba berbagai jenis kanker, termasuk kanker pankreas dan paru-paru.

Meskipun uji coba telah dimulai, sebagian besar pasien diperkirakan baru akan terdaftar untuk mendapatkan vaksin tersebut pada 2026.

Pemerintah Inggris telah berkomitmen untuk menyediakan imunoterapi kanker yang presisi kepada 10.000 pasien pada 2030. Adapun, dengan BioNTech yang melakukan uji klinis di Inggris untuk program Cancer Vaccine Launch Pad NHS diharapkan dapat mempercepat identifikasi pasien untuk uji coba ini.

Kepala eksekutif NHS Amanda Pritchard mengatakan, berkat kemajuan dalam teknologi perawatan dan pengobatan, kelangsungan hidup penderita kanker berada pada titik tertinggi sepanjang masa di Inggris. 

Namun uji coba vaksin ini suatu hari nanti dapat menawarkan cara untuk memvaksinasi orang terhadap kanker mereka sendiri untuk membantu menyelamatkan lebih banyak nyawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro