Ilmuwan Kembangkan Alat Kontrasepsi Pria Berbentuk Gel/bloomberg
Health

Ilmuwan Kembangkan Alat Kontrasepsi Pria Berbentuk Gel

Redaksi
Rabu, 5 Juni 2024 - 11:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Para peneliti dari Program Pengembangan Kontrasepsi Institut Kesehatan Nasional AS (NIH) tengah mengembangkan alat kontrasepsi untuk pria berbentuk gel yang dapat menekan hormon testosteron, tapi tidak memengaruhi gairah seks atau efek samping lainnya.

Dilansir usnews.com, dalam kandungan gel tersebut mengandung hormon testosteron dan nestorone. Hormon nestorone adalah hormon sintetis atau disebut progestis yang biasanya digunakan pada alat kontrasepsi wanita.

“Meskipun penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa agen hormonal mungkin efektif untuk kontrasepsi pria, lambatnya penekanan spermatogenik [telah] menjadi batasannya,” kata kepala program NIH, Diana Blithe, dikutip Rabu (5/6/2024).

Uji coba alat kontrasepsi gel ini telah memasuki tahap ke-2 yang melibatkan 222 pria berusia 18 hingga 50 tahun. Mereka diminta mengoleskan 5 mililiter gel atau setara satu sendok teh ke bagian tulang belikat satu kali sehari.

Selama penelitian berlangsung tepatnya di minggu ke-12, peneliti menemukan hasil bahwa 86% peserta dapat menekan jumlah sperma 1 juta per milliliter. Sedangkan jika dibandingkan tanpa alat kontrasepsi, jumlah sperma normal berkisar 15 juta hingga 200 juta per milliliter.

Meski mampu menekan jumlah sperma, peneliti menyebutkan kualitas sperma masih dalam batas yang baik. Walaupun jumlah sperma rendah mampu memperkecil kehamilan. Selain itu, nantinya pasangan yang menggunakan gel tersebut harus menjalin komitmen untuk berhubungan setidaknya sebulan sekali selama satu tahun.

“Pengembangan metode kontrasepsi yang aman, sangat efektif, dan dapat dibalik untuk pria merupakan kebutuhan yang belum terpenuhi,” jelas Diana.

“Waktu yang lebih cepat untuk menekan obat ini dapat meningkatkan daya tarik dan penerimaan obat ini bagi calon pengguna,”
lanjutnya.

Sebagaimana disebutkan sky news.com, salah satu peserta uji coba bernama Logan Whitehead (24) mengatakan penggunaan alat kontrasepsi tersebut harus segera disetujui karena dianggap dapat menjadi alternatif alat pencegah kehamilan .

Selain itu, menurutnya alat kontrasepsi berbentuk gel sangat mudah diaplikasikan dan tidak memiliki efek samping saat digunakan.

“Gelnya proses sangat mudah,” kata Logan

“Pada dasarnya seperti meminum pil untuk hari itu,” imbuhnya.

Pengembangan alat kontrasepsi bukan tanpa sebab. Pasalnya, Berdasarkan survei tahun 2023 yang diterbitkan dalam jurnal Contraception, setidaknya tiga perempat dari 2.066 responden pria menginginkan alat kontrasepsi model terbaru.

Lalu pada tahun 2019, menurut kelompok In siatif Kontrasepsi Pria nirlaba memprediksi lebih dari 17 juta pria di AS menginginkan berbagai pilihan alat kontrasepsi.

Namun, inovasi alat kontrasepsi berbentuk gel ini masih melewati uji coba fase 3 dengan biaya yang jauh lebih besar. Selain itu, alat kontrasepsi ini perlu mendapatkan persetujuan izin edar dari lembaga atau badan setempat yang menaungi pengawasan peredaran alat kontrasepsi sehingga penggunaannya benar-benar aman. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro