Manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh
Health

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan, Bisa Tingkatkan Kinerja Jantung

Redaksi
Jumat, 7 Juni 2024 - 15:29
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta - Orang seringkali tidur siang selama 20 - 30 menit setiap harinya. Kebiasaan ini dapat berdampak baik pada kesehatan tubuh, salah satunya bisa meningkatkan kinerja jantung.

Dilansir dari clevelandclinic dan Integrishealth, Jumat (7/6/2024) penelitian menunjukkan tidur siang memiliki banyak manfaat mulai dari peningkatan kognitif, pengurangan stres, pengelolaan emosi, dan kesehatan fisik yang lebih baik.

Namun, orang harus tetap memperhatikan durasi waktu tidur siang yaitu tidak lebih dari 1 jam. Karena, kelebihan waktu dapat membuat tubuh mengalami gangguan tidur ketika malam hari. Yuk, simak manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Penelitian American Heart Association, telah menekankan adanya manfaat kardiovaskular dari memasukkan tidur siang kedalam rutinitas. Orang yang mempunyai kebiasaan tidur siang, memiliki tingkat stres yang lebih rendah karena otak dapat beristirahat sehingga tidak harus bekerja keras dalam waktu yang lama.  

Adapun penelitian lain menunjukkan, tidur siang secara teratur dapat membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi yang memicu penyakit jantung koroner.

2. Mengurangi stres

Stres kronis merupakan penyebab utama berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit kardiovaskular dan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Karena itu, dibutuhkan tidur siang yang telah terbukti efektif dapat mengurangi stres dengan melepaskan hormon serotonin dan dopamin, yang berkontribusi dalam mengendalikan perubahan suasana hati dan kecemasan. 

3. Meningkatkan fungsi kognitif 

Orang yang menjalani tidur siang selama 20 - 30 menit memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik. Misalnya, saat menjalani kegiatan sehari-hari mereka cenderung lebih mudah mendapatkan konsentrasi dan kewaspadaan karena emosi dan kinerja otak tetap optimal.

Adapun penelitian menunjukkan, tidur siang secara rutin dapat membantu mengembalikan energi setelah melakukan aktivitas padat. Kebiasaan inilah yang berkontribusi dalam meningkatkan daya fokus seseorang.

4. Meningkatkan daya ingat

Otak menggunakan periode tidur siang untuk mentransfer informasi dari penyimpanan memori jangka pendek ke jangka panjang. Karena itu, tidur siang singkat dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kapasitas Anda dalam belajar dan mengingat. 

Selain itu, orang yang memiliki kebiasaan tidur siang juga memiliki tingkat pemecahan masalah lebih baik karena mendapatkan daya fokus yang maksimal.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Penelitian menunjukkan, tidur siang yang teratur dapat membantu mengatur pelepasan sitokin, yaitu protein yang berperan penting dalam respons imun. Dengan meningkatkan sistem kekebalan, tidur siang dapat menjaga tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan seseorang mengalami beberapa masalah kesehatan.

6. Menurunkan tekanan darah 

Penelitian menunjukkan, tidur siang dapat menurunkan risiko penyakit hipertensi dengan menstabilkan hormon stres (kortisol). Hormon inilah yang berkontribusi dalam meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Namun, perlu diingat untuk tetap tidur dalam batas waktu hanya 20 - 30 menit saja. Karena, kelebihan tidur siang juga dapat memicu kenaikan tekanan darah. 

Manfaat tidur siang bagi kesehatan
Manfaat tidur siang bagi kesehatan

Tips Tidur Siang Lebih Maksimal

1. Perhatikan jam tidur

Anda cukup tidur siang selama 20 - 30 menit saja. Hindari tidur siang terlalu lama, karena dapat mengganggu fokus dan kualitas tidur dimalam hari. Selain itu, dapat memicu penyakit jantung, stroke, diabetes, dan insomnia.

2. Pasang alarm

Anda harus memasang alarm untuk mendapatkan kualitas tidur sehat dengan waktu yang cukup. Misalnya, Anda dapat mengatur alarm bangun tidur pada pukul 13.39 dan mulai tidur pada pukul 13.00

3. Hindari konsumsi kafein

Kafein mempunyai efek stimulan yang dapat membuat seseorang kesulitan tidur. Biasanya, efek ini muncul sekitar 10 - 20 menit setelah mengonsuminya. Karena itu, Anda harus menghindari asupan kafein berlebihan agar kualitas tidur siang bisa lebih baik. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro