Turunkan Stres Lansia, Hydroponic Serenity Bisa Jadi Alternatif. Bisnis/Choirul Anam
Health

Turunkan Stres Lansia, Hydroponic Serenity Bisa Jadi Alternatif

Choirul Anam
Kamis, 27 Juni 2024 - 12:48
Bagikan

Bisnis.com, MALANG—Mayoritas lansia mempunyai resiko isolasi sosial, di mana merasa tidak dicintai dan dilupakan yang  dapat mempengaruhi kondisi psikis dan well-being untuk lansia, namun dengan memanfaatkan hydroponic serenity dapat sebagai degradasi stres lansia.

Tim Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, Nisrina Nabila Nasywa mengatakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini memiliki skema pengabdian masyarakat yang berfokus pada Sustainable Development Goals (SDG’s) ke-3, yakni kehidupan sehat dan sejahtera.

Data yang diperoleh, terapi hortikultura dapat mengurangi depresi dan kecemasan, sehingga meningkatkan kesehatan fisik dan kemampuan kognitif pada lansia. Hal itulah yang mendorong mereka untuk menyusun inovasi Hydroponic Serenity with Gen Z.

“Terapi hortikultura melalui penggunaan hidroponik ini bersifat komplementer dan alternatif terapi untuk lansia. Yakni dengan aktivitas merawat tanaman dan mengeksplorasi emosi dalam prosesnya, sehingga tercipta stabilitas psikis dan dapat meningkatkan kesejahteraan fisik dan sosial untuk lansia,” katanya, Rabu (26/6/2024).

Mahasiswi yang akrab dipanggil Riri itu juga mengatakan bahwa program yang dilaksanakan di beberapa tempat, salah satunya di Pondok Pesantren Lansia Muslimat Nahdlatul Ulama Rodhiyatan Mardhiyah, kota Batu, Jawa Timur.

Saat ini, ada beberapa tanaman hidroponik yang sudah ditanam bersama para lansia, di antaranya kangkung, pakcoy, bayam hijau, dan bayam merah.

Menurutnya keempat sayuran tersebut juga bisa aktif dikonsumsi sehari-hari oleh para lansia. Bentuk yang cantik serta nutrisi di dalamnya juga sangat baik untuk kesehatan psikis dan fisik lansia.

Dalam prosesnya, tim tersebut telah bekerjasama dengan Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Kota Batu dalam keberlanjutan program yang diadakan. Sederet bentuk kerjasama berupa senam otot bagi lansia tiap minggunya, cek kesehatan rutin setiap bulan, serta menunjang fasilitas untuk pondok lansia.

“Untuk memaksimalkan program ini, kami juga akan membuat modul dan buku pedoman mitra yang berisikan tata cara pengelolaan hydroponic serenity sebagai degradasi stress lansia. Rencananya ini akan diresmikan oleh wakil rektor III bidang kemahasiswaan UMM dan juga ditandatangani oleh ketua yayasan pondok lansia,” jelasnya.

 Mahasiswa semester 4 tersebut berharap inovasi yang dibawa timnya dapat menjadi pencegahan kejenuhan untuk lansia melalui tanaman hidroponik, sehingga meningkatkan kebahagiaan yang berkelanjutan.

Dia menyatakan bahwa program ini akan terus berjalan hingga ke berbagai tempat dan lokasi. Dalam melaksanakannya Riri dibantu oleh Akhdani Rikza Maniqtada, Novita Herawati, Mulya Fajar Bachtiar Idris dan Hidayat Saputra Yusuf. PKM tersebut berhasil masuk dalam pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kemdikbud-Ristek 2024.(K24)

Penulis : Choirul Anam
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro