Chia seed/kemenkes
Health

Air Chia Seed Disebut Bisa Menurunkan Berat Badan, Seberapa Efektif?

Mutiara Nabila
Kamis, 4 Juli 2024 - 09:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Chia seed atau biji chia adalah biji berbentuk oval kecil yang dianggap sebagai salah satu makanan super.

Biji ini berukuran kecil, tetapi kaya akan berbagai nutrisi seperti serat, vitamin B, zat besi, protein, magnesium, dan nutrisi lainnya.  

Untuk mengonsumsinya, biji chia bisa ditaburkan pada oatmeal atau salad atau disantap dengan jus buah. Jika suka makanan manis, biji chia juga bisa dibuat menjadi puding.  

Tapi, salah satu cara praktis dan sehat untuk mengonsumsinya adalah cukup dengan merendam satu sendok teh biji chia dalam air semalaman, dan mengonsumsinya keesokan harinya. 

Ketika orang menyebut air biji chia, mereka kebanyakan berpikir tentang penurunan berat badan karena kandungan seratnya. Lantas, apakah minum air biji chia untuk menurunkan berat badan benar-benar manjur?

Air Biji Chia untuk Menurunkan Berat Badan

Mengutip Health Shots, biji chia dapat menyerap air 17 kali lebih banyak dari ukurannya, menurut pakar Ayurveda Dimple Jangda. Saat basah, ukurannya dapat membengkak dan berubah menjadi zat seperti jeli. 

"Jadi, saat Anda meminum air biji chia, biji basah akan membesar di perut dan memakan tempat. Hal ini mencegah rasa lapar Anda berkurang, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan," ungkap Jangda. 

Namun perlu diingat bagi yang sedang melakukan defisit kalori, bahwa makanan ini relatif tinggi kalori. Sekitar 28 gram biji chia mengandung 138 kalori, menurut Departemen Pertanian AS (USDA). 

Jadi, jika Anda mengonsumsi biji chia secara berlebihan, berat badan Anda mungkin justru akan bertambah.

Selain itu, penelitian mengenai manfaat air biji chia untuk menurunkan berat badan masih terbatas. Namun, menurut sebuah penelitian tahun 2023 yang diterbitkan dalam Journal of Medical and Health Sciences, jika Anda mengonsumsi biji chia dibarengi dengan pola makan rendah kalori, dapat cukup membantu penurunan berat badan yang signifikan.

Selain menurunkan berat badan, biji chia juga memiliki beragam manfaat kesehatan lainnya, seperti:

1. Baik untuk kesehatan usus

Sekitar 28 gram biji chia memiliki 9,8 gram serat, sesuai USDA. Serat sangat baik untuk kesehatan pencernaan, karena meningkatkan pergerakan usus dan bahkan meningkatkan bakteri baik usus. 

2. Memiliki manfaat bagi kesehatan jantung

Biji chia baik untuk jantung Anda karena kaya akan asam lemak omega-3. Mereka membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol. Menurunkan kolesterol, terutama lipoprotein densitas rendah atau kolesterol jahat, dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung, dan stroke.

3. Dapat membantu menstabilkan kadar gula darah

Biji chia dapat membantu menstabilkan kadar gula darah, karena memperlambat laju konversi karbohidrat menjadi gula. Serat yang ada dalam biji chia juga dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan meningkatkan kadar gula darah.

4. Dapat menguatkan tulang

Biji chia juga mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tulang. Jadi, meminum air biji chia dapat meningkatkan kepadatan tulang dan membantu mencegah atau menunda timbulnya osteoporosis.

5. Dapat meningkatkan kesehatan kulit

Biji chia baik untuk kulit karena kaya akan asam lemak omega-3, yang membantu meningkatkan kesehatan pelindung kulit (skin barrier) dan mengurangi peradangan. Biji chia juga merupakan sumber makanan yang kaya anti-oksidan, yang membantu mengurangi stres oksidatif dan radikal bebas dalam tubuh. Biji chia juga membantu meningkatkan hidrasi yang sekali lagi sangat baik untuk kesehatan kulit.

Bagaimana cara menyiapkan air biji chia?

Ambil satu sendok makan biji chia, lalu rendam dalam satu gelas atau satu botol air. Biarkan semalaman di dalam kulkas atau setidaknya selama satu jam, untuk memastikan biji chia mengembang sepenuhnya. Anda juga bisa menambahkan jus lemon dan madu ke dalam air biji chia agar lebih nikmat.

Pastikan untuk merendam biji chia semalaman, lalu Anda bisa mengonsumsi airnya di pagi hari untuk membantu menghidrasi dan menyerap nutrisi darinya. Anda juga dapat menambahkan biji chia ke dalam buah-buahan dan sayuran. 

Namun, sebaiknya jangan mencampurnya dengan makanan berat, karena menurut ahli langkah tersebut bisa jadi tidak menurunkan manfaat dari biji chia. 

Selain itu, jangan mengonsumsi dalam jumlah banyak sekaligus karena kandungan kalorinya karena dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit dan gas.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro