Seseorang yang mengalami penyakit jantung. Penyakit jantung bisa dicegah dengan menjaga pola hidup sehat/ Sahyadri Hospital
Health

Simak 8 Tanda Diabetes, Bisa Sebabkan Komplikasi Ginjal dan Penyakit Jantung

Mutiara Nabila
Rabu, 31 Juli 2024 - 18:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang berhubungan dengan tingginya kadar glukosa atau gula dalam darah. Jika tidak terkontrol bisa menimbulkan penyakit lain, bahkan komplikasi penyakit ginjal, mata, hingga jantung.  

Diabetes terjadi karena tubuh tidak memproduksi cukup insulin, hormon yang mengatur gula darah, atau tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksinya secara efektif. 

Diabetes terbagi menjadi dua tipe. Diabetes tipe 1 terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang insulin. Sementara Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh menjadi resistan terhadap insulin atau pankreas tidak memproduksi cukup insulin, adalah jenis diabetes umum lainnya. 

Para penderita diabetes harus mengonsumsi obat terus menerus dan tepat waktu untuk mengendalikannya. Selain itu, khususnya para diabetes tipe 2, juga harus memperhatikan pola makan untuk mengelola diabetes. 

Diabetes yang tidak terkontrol berpotensi menyebabkan komplikasi penyakit, seperti munculnya penyakit jantung, masalah mata, dan ginjal.

Penyebab Diabetes Tak Terkontrol

Mengutip Health Shots, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan diabetes tidak terkontrol menurut ahli endokrinologi Dr. Manish Srivastava, mencakup berikut ini"

• Tidak mengikuti pengobatan yang diresepkan atau regimen insulin.

• Mengonsumsi makanan tinggi gula dan lemak yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

• Kurangnya aktivitas fisik.

• Stres dan penyakit dapat memengaruhi kadar gula darah dan efektivitas insulin.

• Tidak memeriksa kadar gula darah secara teratur dapat menyebabkan ketidaktahuan akan kadar gula darah.

Gejala Diabetes Tak Terkontrol:

Berikut ini beberapa tanda umum kadar gula darah tinggi atau rendah:

1. Rasa haus yang terus menerus

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, kadar gula darah yang sehat harus berada di antara 80 dan 130 miligram per desiliter (mg/dL) sebelum makan dan di bawah 180 mg/dL dua jam setelah makan. 

Ketika kadar gula darah tinggi, kelebihan glukosa akan keluar ke dalam urin. Glukosa dalam urin akan menarik air dari darah melalui osmosis, yang menyebabkan dehidrasi. Hal ini memicu mekanisme rasa haus di otak dan membuat penderitanya jadi merasa haus terus menerus. 

2. Sering buang air kecil

Glukosa akan muncul dalam urin ketika kadar gula darah melebihi 180 mg/dL. Untuk mengeluarkan kelebihan glukosa, ginjal akan menyaringnya dari darah dan mengeluarkannya melalui urin. Proses ini membutuhkan lebih banyak air, yang menyebabkan peningkatan produksi urin dan memicu sering buang air kecil. 

3. Rasa lapar yang berlebihan

Meskipun kadar gula darah tinggi, sel-sel tubuh tetap dapat kekurangan glukosa karena insulin yang tidak mencukupi atau resistensi insulin. Ketika hal ini terjadi, sinyal dikirim ke otak bahwa tubuh membutuhkan lebih banyak makanan, yang menyebabkan rasa lapar yang meningkat.

4. Penurunan berat badan yang tidak diinginkan

Ketika sel tidak dapat mengakses glukosa untuk energi, tubuh mulai memecah lemak dan jaringan otot untuk energi, yang menyebabkan penurunan berat badan. Hal ini bisa teta[ terjadi meskipun asupan kalori harian tetap normal atau meningkat. 

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro