Hari libur nasional 2024 menjadi waktu yang tepat untuk merencanakan jadwal travelingmu
Travel

Pilihan Wisata Terfavorit di Kalangan Wisatawan Asia Tenggara

Mia Chitra Dinisari
Senin, 19 Agustus 2024 - 16:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Program Traveloka EPIC Sale memecahkan rekor dengan menarik animo lebih dari 35 juta lebih pelanggan.

EPIC Sale sukses mendorong peningkatan penjualan hingga dua kali lipat, terutama di pasar-pasar utama Traveloka, Indonesia dan Malaysia. 

EPIC Sale 2024 juga mengungkapkan berbagai informasi  penting mengenai perilaku dan preferensi traveler Asia Tenggara, juga pemahaman lebih dalam mengenai apa saja yang mendorong traveler saat ini.

Berikut adalah deretan tren traveling yang terungkap dari traveler

1. Destinasi Terpopuler: Pilihan Wisata Terfavorit di Kalangan Wisatawan Asia Tenggara

Jepang, Korea Selatan, dan Hong Kong secara konsisten menjadi destinasi di kawasan Asia yang paling diminati oleh jutaan traveler di seluruh Asia Tenggara. Jepang memikat para traveler dengan perpaduan antara modernitas di Tokyo dan tradisi yang kental di Kyoto.

Korea Selatan menarik pengunjung dengan kota-kotanya yang penuh warna dan kaya akan warisan budaya. Hong Kong menonjol dengan lanskap kotanya yang dinamis dan beragam atraksi. Thailand tetap menjadi favorit karena pantainya yang indah dan kaya akan pengalaman budaya, sementara Singapura dan Vietnam menjadi pilihan dengan perpaduan unik antara kecanggihan kota dan keindahan alam yang menakjubkan.

2. Perilaku Pemesanan: Perpaduan Antara si Perencana dan si Pencari Liburan Spontan

Ada dua perilaku pemesanan yang dominan: lonjakan pemesanan perjalanan di menit-menit terakhir (last-minute bookings) dan preferensi yang tinggi untuk perencanaan perjalanan dari jauh hari.

Sebanyak 82% traveler memesan perjalanan mereka 3-4 hari sebelumnya, menunjukkan peningkatan permintaan untuk perjalanan spontan dan jangka pendek. Beragam penawaran Traveloka secara efektif memenuhi kebutuhan traveler yang spontan, maupun yang jangka panjang, sehingga menarik bagi konsumen di seluruh wilayah.

3. Tren Akomodasi Favorit Para Petualang di Asia Tenggara

Pelanggan yang pergi untuk berlibur cenderung memilih kamar yang luas untuk bersantai, business travelers lebih memilih akomodasi fungsional, dan wisatawan yang berlibur dengan keluarga memilih kamar dengan ukuran yang lebih besar serta fasilitas ramah anak. 

Perbedaan preferensi yang mencerminkan ragam kebutuhan para pelanggan ini berperan penting dalam mengisi ketersediaan kamar selama periode yang biasanya sepi, meningkatkan hunian dan pendapatan di seluruh wilayah.

EPIC Sale 2024 juga mengungkapkan peningkatan pemesanan yang melonjak hingga 70%  pada taman hiburan dan taman wisata air (water park), menunjukkan adanya minat wisatawan terhadap atraksi yang menghadirkan hiburan bagi keluarga.

Destinasi yang menawarkan perpaduan antara petualangan mendebarkan dan relaksasi ini, menjadi pilihan utama untuk segala usia. Atraksi populer seperti LEGOLAND Malaysia, Hong Kong Disneyland, dan Resorts World Sentosa juga mengalami lonjakan pemesanan hingga empat kali lipat, hal ini menandakan permintaan yang terus meningkat untuk hiburan yang ramah keluarga.

Caesar Indra, President of Traveloka mengatakan dengan kesuksesan EPIC Sale 2024, Traveloka berkomitmen lebih dari sebelumnya untuk memperluas penawaran dan memenuhi kebutuhan traveler yang terus berkembang.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro