Ibu hamil
Health

Ini Biaya dan Syarat Melahirkan di Amerika Serikat Bagi Warga Indonesia

Redaksi
Selasa, 27 Agustus 2024 - 17:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang ingin melahirkan di Amerika Serikat, maka wajib memenuhi berbagai syarat dan memenuhi kebutuhan di bawah ini.

Dilansir dari wise.com dan investopedia.com, Selasa (27/8/2024), biaya persalinan di Amerika Serikat lebih tinggi bila  dibandingkan dengan di Indonesia. Biaya sering menjadi kendala bagi masyarakat biasa dengan  gaji UMR, tetapi berbeda dengan kelompok pejabat dan pengusaha.

Tantangan yang muncul saat ingin melahirkan di Amerika yakni keluarga yang ingin melahirkan harus memiliki asuransi, serta mengetahui biaya apa saja yang akan dikeluarkan dapat membantu Anda mempersiapkan diri.

Simak biaya persalinan di Amerika Serikat:

1. Biaya melahirkan di Amerika tanpa asuransi

- Total rata-rata tagihan rumah sakit untuk kelahiran normal: US$30.000 atau setara Rp465.7 juta

- Total rata-rata tagihan rumah sakit untuk operasi caesar: U$50.000 atau setara Rp776,3 juta

2. Biaya melahirkan di Amerika memakai asuransi

- Total rata-rata tagihan rumah sakit untuk kelahiran normal: $3.400 atau setara Rp52,7 juta

- Total rata-rata tagihan rumah sakit untuk operasi caesar: $3.400. Atau setara Rp52,7 juta

Namun, penting untuk diingat bahwa biaya tersebut akan sangat bervariasi tergantung pada asuransi kesehatan pilihan Anda dan wilayah tempat Anda tinggal, serta bagaimana proses persalinan Anda.

Seorang turis atau pengunjung yang memilih Amerika Serikat sebagai tempat kelahiran bayinya harus siap menghadapi perawatan paling rumit dan mahal di dunia.

Banyak orang Amerika berlomba-lomba untuk keluar dari negeri dan mencari wilayah persalinan di daerah untuk mencari perawatan kesehatan yang lebih baik dan murah.

Bagi perempuan yang ingin melahirkan di Amerika, maka jangan lupa membawa foto ID, kartu asuransi kesehatan, rencana kelahiran, catatan medis, surat wasiat, dan asuransi jiwa adalah dokumen-dokumen yang Anda butuhkan jika memilih Amerika Serikat sebagai tempat persalinan Anda.

Pemerintah AS mengizinkan warga negara asing, termasuk orang Indonesia untuk melakukan persalinan di Amerika Serikat, tetapi harus membayar sendiri. Kecuali pendatang memiliki asuransi perjalanan lengkap atau mendaftarkan diri di asuransi Amerika Serikat.

Selain itu, anak yang lahir di Amerika Serikat akan menjadi warga negara Amerika Serikat – memiliki kewarganegaraan ganda Amerika Serikat dengan negara asal – tetapi hukumnya berbeda-beda, tergantung hubungan Amerika Serikat dengan negara tersebut.

Untuk mendapatkan akta kelahiran anak Anda, pihak rumah sakit akan menerbitkan formulir yang harus terlebih dahulu Anda ajukan. Pihak rumah sakit akan mengirimkan formulir tersebut ke petugas administrasi daerah tempat Anda tinggal.

Orang tua bayi bisa mendatangi petugas administrasi secara langsung untuk mendaftarkan akta kelahiran bayi Anda. Ingat, Anda harus memastikan untuk membawa hal-hal berikut ketika mendatangi petugas administrasi:

1. Paspor atau tanda pengenal berfoto lainnya

2. Dokumen bukti kelahiran bayi Anda

3. Nama bayi Anda (Yoga Al Kemal)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro