Manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh
Health

Tidur Lama di Akhir Pekan Bisa Jaga Kesehatan Jantung Anda

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 29 Agustus 2024 - 11:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di akhir pekan biasanya waktunya Anda bermalas-malasan setelah lelah bekerja selama sepekan. Di momen inilah biasanya banyak orang bangun siang dari tidur malamnya.

Ini biasa juga disebut mengganti waktu tidur yang hilang atau Weekend Catch-Up Sleep (WCS).

Namun apakah tidur di akhir pekan benar-benar berdampak positif pada kesehatan jantung Anda?

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa hal ini mungkin saja terjadi.

Tidur berperan penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan kardiovaskular. Menurut Great Indian Sleep Scorecard, lebih dari 88% penduduk India tidak mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Kurang tidur telah dikaitkan dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, obesitas, dan, khususnya, penyakit jantung.

Ketika kita kurang tidur, tubuh kita bereaksi dengan meningkatkan kadar hormon stres, yang dapat menyebabkannya 
peradangan yang dikenal sebagai penyebab penyakit jantung.

Penelitian yang dipublikasikan di US National Library of Medicine menunjukkan bahwa kurang tidur memicu respons peradangan dalam tubuh.

Peradangan ini, jika dibiarkan, dapat menyebabkan masalah kardiovaskular yang parah seperti serangan jantung dan stroke.

Gangguan tidur seperti apnea tidur obstruktif, yang mengganggu pernapasan saat tidur, dapat meningkatkan ketegangan pada jantung, sehingga meningkatkan risiko gagal jantung.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Sleep Health menyelidiki apakah Weekend Catch-Up Sleep dapat memitigasi risiko yang terkait dengan kurang tidur.

Studi tersebut secara khusus mengamati individu yang tidur enam jam atau kurang selama seminggu, namun menggantinya dengan tidur dua jam ekstra di akhir

pekan. Studi tersebut menemukan bahwa orang-orang ini memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan mereka yang tidak cukup tidur.

Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun kurang tidur di hari kerja berbahaya, namun mengimbanginya dengan tidur ekstra di akhir pekan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Penting untuk diperhatikan bahwa hal ini tidak berarti kita harus hanya mengandalkan tidur di akhir pekan untuk menutupi kekurangan tidur selama seminggu.

Meskipun tidur di akhir pekan bisa bermanfaat, hal ini tidak bisa menggantikan kebersihan tidur yang baik. National Institute of Health menekankan bahwa tidur yang sehat tidak hanya mencakup durasi yang cukup tetapi juga tidur berkualitas tinggi yang memulihkan dan jadwal tidur yang konsisten. Target tidur 7-9 jam per malam tetap harus menjadi tujuan, dengan fokus pada menciptakan pola tidur teratur yang mendukung kesejahteraan secara keseluruhan.

Kurang tidur secara terus-menerus, bahkan di akhir pekan, masih dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, termasuk penyakit jantung. Oleh karena itu, meskipun sesekali berbaring di akhir pekan sangat membantu, memprioritaskan jadwal tidur yang teratur sepanjang minggu sangatlah penting.

Selain kesehatan jantung, tidur di akhir pekan dapat memberikan efek positif lainnya. Peningkatan suasana hati, fungsi kognitif yang lebih baik, dan penurunan tingkat stres hanyalah beberapa manfaat yang terkait dengan tidur yang cukup.

Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri, sehingga jam tambahan tersebut dapat berkontribusi pada kesehatan mental dan fisik yang lebih baik secara keseluruhan.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro