Pekerja memerah susu sapi di salah satu peternakan sapi perah di kawasan Tegal Parang, Jakarta. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Health

Fakta Susu Ikan yang Kandungan Gizinya Dinilai Lebih Tinggi dari Susu Sapi

Restu Wahyuning Asih
Kamis, 12 September 2024 - 15:35
Bagikan

Guru Besar Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Ali Khomsan mengatakan kandungan omega 3 pada susu ikan lebih tinggi dari sumber protein susu lainnya, termasuk susu sapi.

Kandungannya yang tinggi ini berguna bagi perkembangan fungsi otak pada anak-anak.

"Susu ikan terbuat dari ikan yang diambil konsentrat proteinnya, kemudian protein itu dicampur dengan zat-zat lain, sehingga menghasilkan produk semacam susu," kata Ali dikutip dari ANTARA, Kamis (12/9/2024).

Selain itu, ikan juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak, sehingga konsumsi ikan bagi anak-anak sangat dianjurkan untuk merangsang perkembangan otak dan meningkatkan kecerdasan.

"Gizi andalan susu sapi adalah kalsium karena kalau bicara protein dalam susu sapi, itu memang tidak terlalu tinggi," kata Ali.

Menurut Ali, produk susu ikan memang memiliki kandungan omega 3 lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Namun, susu ikan juga harus diimbangi dengan kandungan gizi penting lainnya, termasuk kalsium untuk memastikan produk tersebut memiliki keunggulan lebih banyak dibandingkan susu sapi.

Dengan begitu, susu ikan yang digadang-gadang akan menjadi salah satu menu makan siang gratis di pemerintahan berikutnya itu tepat untuk disajikan kepada masyarakat, khususnya bagi anak sekolah.

"Kalau susu ikan (akan dijadikan salah satu menu makan siang), harus dipikirkan juga sejauh mana produk ini secara ekonomis setara dengan susu sapi perah," ujarnya.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro