Pelaanggan membawa makanan siap saji. Bisnis
Health

Sehatkah Konsumsi Makanan dengan Menu yang Sama Setiap Hari?

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 19 September 2024 - 11:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada banyak dari kita yang mungkin mengonsumsi makanan yang sama berulang kali.

Entah karena saking favoritnya atau karena gampang membuat atau membeli menu makanan tersebut.

Menu makanan berulang kali bukanlah konsep baru dalam budaya populer. Victoria Beckham, misalnya, telah makan makanan yang sama setiap hari selama lebih dari dua dekade.

Bintang Barefoot Contessa Ina Garten juga sebelumnya mengatakan kepada People bahwa dia telah makan sarapan yang sama setiap hari selama satu dekade.

Namun apakah ahli kesehatan merekomendasikan hal ini, atau adakah dampak negatifnya jika tetap mengonsumsi makanan yang sama setiap hari? 

Dilansir dari health.com, Laura Bishop-Simo, RD, ahli diet terdaftar di The Ohio Pusat Medis Wexner Universitas Negeri, mengatakan konsep makanan semacam itu kadang menjadi lebih mudah.

Bagi sebagian orang, mempertahankan menu yang sama dapat dikaitkan dengan rencana penurunan berat badan alias diet.

Namun pola makan sehari-hari yang sama juga bisa berasal dari masalah psikologis seputar makanan.

"Semisal kepekaan tekstur, ketakutan terkait makanan, dan bahkan gangguan makan, kata Rebecca Boswell, PhD, psikolog pembimbing di Princeton Center for Eating Disorders di Princeton House Behavioral Health, dilansir dari health.

Mengonsumsi makanan yang sama setiap hari mungkin lebih mudah, namun menurut ahli gizi, hal tersebut belum tentu lebih sehat. Karena ini meningkatkan kemungkinan Anda kehilangan nutrisi penting tertentu.

Pasalnya, makanan yang berbeda mengandung nutrisi yang berbeda, dan mengonsumsi makanan yang sama setiap hari meningkatkan risiko tubuh Anda tidak menerima apa yang dibutuhkannya.

Hal ini meningkatkan kemungkinan terjadinya kekurangan nutrisi dan masalah kesehatan seperti anemia, osteoporosis, dan banyak lagi, tergantung pada pola makan Anda.

Meskipun makanan yang Anda pilih setiap hari mengandung mineral dan vitamin, memakannya berulang kali tidak akan memberikan keragaman nutrisi yang cukup.

Beberapa makanan sangat padat nutrisi dan mengandung banyak fitokimia dan antioksidan, dan ada pula yang tidak. Namun bahkan mereka yang mengonsumsi makanan paling sehat belum tentu mengonsumsi semua vitamin, mineral, antioksidan, serat, dan fitokimia untuk kesehatan yang baik setiap hari.

Mengonsumsi beragam makanan adalah salah satu cara untuk memastikan Anda mendapatkan asupan nutrisi yang optimal.

Makan makanan yang sama setiap hari tidak hanya terasa monoton, tetapi juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan mental.

Gail Saltz, MD, seorang profesor psikiatri di NY Presbyterian Hospital dan Weill-Cornell Medical College mengatakan memilih makanan yang sama berulang kali bisa menjadi "gejala gangguan makan, yang tidak sama dengan gangguan makan.

Pola makan yang tidak teratur juga bisa meluas dan menjadi kelainan pola makan yang sebenarnya.

Idealnya, ahli diet dan ahli kesehatan mental lebih memilih Anda mengubah pola makan, meskipun itu berarti tetap mengonsumsi makanan yang sama selama seminggu dan kemudian mencoba sesuatu yang baru pada minggu berikutnya. Namun mereka juga menyadari bahwa kenyamanan itu penting, terutama jika Anda memiliki jadwal yang padat.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro