Buah dan sayur/Bodsky.com
Health

Tips Menyimpan Buah & Sayur di Kulkas

Evi Handayani
Sabtu, 17 Januari 2015 - 15:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Buah dan sayur akan cepat membusuk saat disimpan di lemari es atau kulkas. Berikut tips agar buah atau sayur dapat bertahan lebih lama dalam keadaan segar, sehingga tetap mengandung gizi yang baik untuk tubuh:

Buah Berry
Buah jenis berry, seperti anggur, strawberry, atau cherry, sebaiknya dicuci dengan air cuka terlebih dahulu sebelum dimasukkan dalam lemari es.

Air cuka akan membantu membunuh bakteri atau jamur yang menempel pada kulit buah-buahan berry. Rasio perbandingan yang digunakan adalah 1:3, artinya campurkan segelas air cuka dengan tiga gelas air tawar, dan seterusnya. Setelah mencuci buah jenis berry dengan air cuka, bilas dengan air bersih, dan keringkan buah. Baru setelah itu, simpan dalam lemari es.

Sayur Kubis dan Selada
Sayur kubis dan selada, sering kali mudah membusuk dan menimbulkan bau tidak sedap di dalam lemari es. Anda dapat memetik daun selada atau kubis terlebih dahulu, kemudian tempatkan dalam mangkuk atau wadah yang sesuai.

Gunakan tisu kertas untuk menutup mangkuk. Tisu kertas  membantu mengurangi kelembapan dalam daun kubis atau selada. Apabila cara ini terasa rumit, Anda dapat mencoba cara lain yang lebih sederhana, yaitu menaburkan garam pada kubis atau selada. Garam akan menstimulus kadar air dalam daun kubis atau selada keluar.

Alpukat
Alpukat adalah jenih buah yang mudah berubah warna menjadi kecoklatan begitu bersinggungan dengan udara bebas. Agar terhindar dari hal tersebut, gunakan tetesan lemon pada potongan alpukat Anda. Asam sitrat akan membantu mencegah proses perubahan warna pada alpukat.

Wortel
Jenis sayur wortel ini mudah mengerut saat disimpan dalam lemari es, karena kelembapannya cepat menurun.

Anda dapat menjaga kelembapan wortel dalam kulkas, dengan cara menempatkannya pada wadah yang berisi air lalu tutup permukaannya dengan plastik.

Kentang
Saat disimpan dalam kulkas, kentang akan mudah berkecambah, karena suhu dingin lemari es. Anda dapat menghindari hal itu, dengan menyampurkan kentang dan apel saat menyimpannya dalam kulkas. Apel akan mengeluarkan gas etilen yang dapat menghambat perkecambahan pada kentang.

Apel
Irisan apel akan sangat mudah berubah kecokelatan sesaat setelah dipotong. Tampilan kecokelatan tidak menarik untuk dimakan, karena terlihat tidak sehat. Gunakan air garam untuk membuat irisan apel menjadi bertahan warnanya.

Rendam irisan atau potongan apel dengan air garam dalam wadah yang sesuai. Air garam akan mencegah oksidasi atau proses perubahan warna karena bersinggungan dengan udara.

Rendam selama lima menit, setelah itu tiriskan dan simpan dalam kulkas dengan plastik kedap udara. Perbandingan garamnya adalah setengah sendok teh garam untuk setiap satu liter air. (Bisnis.com/Solopos.com)

BACA JUGA:

3 Cara Atasi Kulit Kaki Kering & Pecah

Ini Bahayanya jika Sampah Medis Dibuang Sembarangan

Tips Mengatasi Kelopak Mata Kering

8 Bahan Alami Tingkatkan Sirkulasi Darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Evi Handayani
Editor : Nancy Junita
Sumber : Solopos.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro