Yoga/kyrinhall.com
Health

SULIT PUNYA ANAK: 9 Cara Tingkatkan Kesuburan Pria & Wanita

Nancy Junita
Sabtu, 13 Desember 2014 - 08:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Sulit punya anak bisa diatasi dengan beragam cara. Pastinya pasangan suami-istri harus berupaya, baik secara medis, mengatur pola makan yang sehat, dan konsumsi makanan yang bermanfaat membantu kehamilan.

SIMAK: SULIT PUNYA ANAK: 5 Makanan Bantu Cepat Hamil

Selain berbagai cara itu, berikut tips untuk meningkatkan kesuburan secara umum untuk pria dan wanita, untuk membantu mengatasi sulitnya memiliki si buah hati:

 1.Menjaga berat badan

Badan sehat, dan berat seimbang dapat meningkatkan kemungkinan pembuahan. Dengan kata lain, menjadi kurus atau kegemukan bisa menunda waktu yang dibutuhkan bagi seorang wanita untuk hamil. Penelitian telah membuktikan bahwa wanita gemuk (indeks massa tubuh/IMT 25-39 sebelum hamil), risiko keterlambatan hamil meningkat dua kali lipat. Sementara, wanita kurus dengan IMT kurang dari 19, risiko terlambat hamil meningkat empat kali lipat.

 2.Ikuti "jendela subur" dalam siklus ovulasi

Siklus masa subur perlu diperhatikan untuk meningkatkan peluang kehamilan. Jendela subur biasanya enam hari sampai hari berhenti haid. Kemungkinan kehamilan tertinggi jika berhubungan intim tiga hari sebelum ovulasi. Ini juga merupakan ide yang baik untuk melacak ovulasi, baik dengan metode kalender, mencari saat ovulasi sekitar 14 hari sebelum periode menstruasi.

 3.Pelumas vagina

Pilih pelumas vagina dengan bijak. Pastikan untuk menghindari pelumas yang memiliki spermisida. Hindari pelumas berbahan dasar air seperti Astroglide, KY Jelly, dan Touch yang memiliki potensi untuk menghambat motilitas sperma sebesar 60% sampai 100%.

4.Hindari paparan pestisida

Pestisida tertentu terutama pestisida pertanian bisa membahayakan pria dan kesuburan wanita. Juga, orang yang bekerja di percetakan dan dry cleaning perlu menyadari fakta bahwa bahan kimia dan pelarut tertentu dapat memengaruhi kesuburan perempuan.

5.Berhenti merokok

Penelitian jelas menunjukkan bahwa merokok dapat berpotensi merusak telur, saluran tuba dan mengubah hormon pada pria dan wanita. Hal ini juga dapat menyebabkan kehamilan ektopik (kehamilan di tuba fallopi) dan keguguran.

6. Konsumsi air minimal 8 gelas per hari

Jika kebiasaan minum soda, maka ada kebutuhan untuk mengurangi itu. Juga, cobalah dan mengganti teh biasa dengan teh hijau tanpa kafein, yang memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

7.Hindari over exposure ke sumber panas

Hindari paparan panas terutama bagi laki-laki. Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan suhu air yang tinggi seperti bak air panas memengaruhi kesuburan pria. Ada beberapa laporan yang menunjukkan bahwa paparan radiasi dari ponsel bisa juga mempengaruhi jumlah sperma pada pria.

8.Mengurangi stres

Penelitian telah menunjukkan bahwa stres yang tidak semestinya dapat menurunkan kemungkinan pembuahan. Oleh karena itu, penting untuk meminimalkan stres dan berlatih relaksasi melalui meditasi dan yoga ketika mencoba untuk hamil.

9.Jadwal pemeriksaan teratur

Pastikan untuk mengunjungi dokter secara teratur. Dokter dapat melakukan tes untuk mengidentifikasi kondisi kesehatan yang mungkin mengancam kesuburan. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

SULIT PUNYA ANAK: 7 Tanaman Tingkatkan Kesuburan Pria & Wanita

SULIT PUNYA ANAK: 5 Faktor Ini Penyebabnya

SULIT PUNYA ANAK: Ini Faktor yang Pengaruhi Kesuburan

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Medindia.net
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro