Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Dia Tips Sederhana Mencegah Gigi Berlubang

Apakah Anda pernah mengalami gigi berluabng? Gigi berlubang umumnya terjadi karena pertemuan bakteri dan gula dalam mulut
Reni Efita
Reni Efita - Bisnis.com 04 Maret 2015  |  09:34 WIB
Ini Dia Tips Sederhana Mencegah Gigi Berlubang
gigi dan gusi - 3tend.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Apakah Anda pernah mengalami gigi berlobang? Lubang gigi itu disebabkan oleh pertemuan antara bakteri dan gula.

Bakteri yang terdapat pada mulut akan mengubah gula dari sisa makanan menjadi asam yang menyebabkan lingkungan gigi menjadi asam. Asam itulah yang akhirnya membuat lubang kecil pada email gigi. Lalu lubang kecil pada email itu dapat menjadi tempat sisa makanan dan bakteri akan membuat lubang semakin besar hingga mencapai dentin.

Bila dibiarkan, lubang akan menjadi lebih dalam hingga mengenai saraf dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada gigi. Drg Ratu Mirah Afifah, Head of Professional Relationship Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk mengatakan cara penanganan gigi berlubang dengan proses penambalan.

Sebelum lubang gigi terjadi,  sebaiknya jaga kebersihan dan kesehatannya dengan rajin menyikat gigi dengan baik dan benar. Lalu perhatikan pola dan jenis makanan yang dikonsumsi dengan cara mengurangi makanan dengan kandungan gula yang tinggi, melakukan kunjungan berkala ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali, dan menggunakan pasta gigi berfluoride.

Berdasarkan lembaran fakta yang dirilis oleh brand Pepsodent PT Unilever Indonesia Tbk, memberikan cara menyikat gigi yang benar dan menyeluruh hingga menjangkau ke sela-sela gigi. Tip-tip cara perawatan terbaik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut:

1. Sikatlah gigi secara rutin setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Hal itu dapat menghindarkan  berbagai masalah mulut seperti gigi berlubang, penyakit gusi, dan bau mulut tidak sedap.

2. Di dalam mulut ada bagian yang cukup sulit dijangkau dengan sikat gigi, sehingga sering terabaikan. Untuk menjangkau gigi yang sulit dijangkau, dapat diatasi dengan menggunakan sikat gigi yang tepat dan dirancang untuk menjangkau sela-sela gigi dan bagian terdalam. Sikat gigi itu biasanya memiliki bentuk yang mengikuti kontur mulut, ujung kepala yang kecil dan bulat, bulu yang lembut, dan gagang yang mantap untuk digenggam.

3. Gosok gigi dengan gerakan vertikal atau memutar dari arah gusi ke gigi.

4. Untuk gigi di bagian permukaan kunyah, sebaiknya disikat dengan gerakan maju mundur. Sikat juga gigi bagian dalam dekat permukaan lidah dan langit-langit dengan gerakan mencungkil.

5. Sikat bagian permukaan lidah karena merupakan tempat berkumpulnya bakteri.

6. Ganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali atau bila bulu sikat gigi sudah mengembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gigi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top