Ilustrasi/Webmd
Health

Mengenal Apa, Gejala Dan Bagaimana Mengatasi Cacingan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 23 April 2018 - 11:41
Bagikan

5. Pencegahan & Pengobatan Cacingan

Penyakit cacingan sebenarnya bisa dicegah dengan menjaga kebersihan perorangan dan juga lingkungan.
Kebersihan perorangan yaitu cuci tangan menggunakan sabun dengan menggunakan air bersih, membersihkan dan memotong kuku, memakai alas kaki dan menutup makanan.

Sedangkan untuk kebersihan lingkungan adalah dengan buang air besar di jamban, membuang sampah di tempatnya, drainase air limbah harus mengalir, dan menjaga kebersihan rumah.

Salah satu langkah untuk mengantisipasi cacingan dan pengobatannya adalah dengan meminum obat cacing yang dapat dibeli di apotek terdekat. Namun, perhatikan dosis dan penggunaannya jika mengkonsumsi obat ini.

Dokter umumnya menyarankan agar anak-anak mengonsumsi obat cacing paling tidak setahun sekali yang sudah dapat diberikan sejak si kecil berusia dua tahun.

Sementara itu, menurut Kementerian Kesehatan Indonesia, kegiatan pencegahan penyakit cacingan dapat dilakukan dengan pemberian vitamin A (untuk Balita), program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), serta melibatkan institusi pendidikan dan organisasi siswa seperti pramuka dalam upaya menyosialisasikan pencegahan penyakit cacingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro