Nikita Mirzani Kecam Youtuber dan Selebritas yang Unggah Foto AU Korban Pengeroyokan

Kasus penganiayaan siswi SMP, AU, 14 tahun, oleh 12 remaja SMA di Pontianak, Kalimantan Barat ini mengusik hati Nikita Mirzani sebagai ibu.
JIBI
JIBI - Bisnis.com 11 April 2019  |  13:44 WIB
Nikita Mirzani Kecam Youtuber dan Selebritas yang Unggah Foto AU Korban Pengeroyokan
Nikita Mirzani - Instagram@nikitamirzanimawardi_17

Bisnis.com, JAKARTA - Kasus penganiayaan siswi SMP, AU, 14 tahun, oleh 12 remaja SMA di Pontianak, Kalimantan Barat ini mengusik hati Nikita Mirzani sebagai ibu.

Nikita Mirzani makin kesal melihat para selebritas ramai-ramai menjenguk AU, kemudian diunggah di media sosial dengan wajah korban yang tidak diblur, bahkan dimanfaatkan sebagai ajang pamer wujud kepedulian. 

"Niatnya membesuk itu apa? Besuk mah besuk aja. Apa harus dipajang fotonya di feed kalian. Biar dibilang apa sih. Dan tolong jangan manfaatkan kejadian itu untuk ajang bisnis kalian, seperti mengeruk keuntungan dari musibah," kata Nikita Mirzani saat membuat pesan video yang diunggahnya di Instagram storiesnya pada Rabu (10/4/2019).

AU dipukul, ditendang, dan kepalanya dibenturkan di aspal. Alasan pengeroyokan itu hanya didasari persoalan asmara dan buntut dari saling berbalas pantun di media sosial. Para pelaku ini sesungguhnya menyasar kakak sepupu AU yang merupakan bekas pacar salah satu dari mereka. 

Nikita Mirzani kemarin cukup aktif mengunggah pesan-pesan soal etika dan aturan hukum saat mengunggah foto yang berkaitan dengan kekerasan terhadap anak.

"Gue lihat di feed salah satu anak band. Dengan tanpa berdosanya foto di sebelah korban yang mukanya sedikit pun tidak ditutup. Coba deh pikir, gimana kalau terjadi di keluarga kalian," ucapnya dalam pesan tertulis di Instastoriesnya. 

Menurut Nikita Mirzani, alasan tidak menge-blur wajah AU karena permintaan korban tidak bisa diterima.

"Mungkin itu benar, anaknya minta tidak diblur. Tapi bayangin kalau anaknya itu anaknya sendiri," katanya.

Kelak kalau si anak dewasa, kata dia, akan dia cari tahu kejadian itu.

"Itu di Youtube atau tinggal Googling namanya, keluar deh tuh semua foto yang dia lagi sakit."

Nikita Mirzani juga mengunggah rekaman suara ibu AU yang keberatan wajah putrinya dipajang para selebritas dengan jelas.

"Boleh peduli tapi dijaga privasinya. Walaupun dia ada ngasih kontribusi, kami gak minta kok, kalau gak terima, nanti kami kembalikan," kata ibu AU.

Nikita Mirzani juga mengunggah cuplikan berita yang menjelaskan soal aturan hukum memberitakan kasus kekerasan ini, Kamis (11/4/2019).

Pada keterangan foto, Nikita menjelaskan kasus ini membuat dia kecewa sebagai seorang perempuan dan ibu yang memiliki seorang anak gadis.

"Dengan segala hormat kepada teman-teman selebritasku dan vloggers, kita semua orang yang berpendidikan. Ada aturan tertulis melindungi dan menjaga privasi saksi korban anak-anak," ujar Nikita Mirzani.

Selain Ifan Seventeen yang menjenguk AU dan mengunggahnya di media sosial, tindakan serupa juga dilakukan Atta Halilintar, youtuber dengan 13 juta subscriber. Vlogger lainnya, Reza Arap juga melakukan video call. Mereka mengunggah wajah AU dengan jelas. Tak lama kemudian, wajah AU diblurkan setelah mendapat kecaman. 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
artis, Bullying, nikita mirzani

Sumber : Tempo.Co

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top