7 Tanda Pasangan Anda Manipulatif

Manipulasi dalam hubungan mungkin saja terjadi. Hal ini bisa terjadi karena menurunnya kemampuan seseorang dalam hubungan interpersonal.
Tika Anggreni Purba | 13 Mei 2019 11:43 WIB
Ilustrasi - Chatelaine

Bisnis.com, JAKARTA - Manipulasi dalam hubungan mungkin saja terjadi. Hal ini bisa terjadi karena menurunnya kemampuan seseorang dalam hubungan interpersonal.

Walaupun tidak selalu berasal dari niat jahat, pasangan yang manipulatif tentu merugikan. Apalagi jika si pasangan yang gemar memanipulasi ini tidak sadar akan kesalahannya atau sebaliknya korban tidak sadar dia dimanipulasi.

Manipulasi dalam hubungan adalah situasi beracun yang tidak boleh dibiarkan selamanya. Anda harus waspada terhadap berbagai jenis manipulasi yang mungkin dilakukan pasangan Anda. Berikut ini tanda-tanda manipulasi dalam hubungan dilansir Lifehack.org:

1. Terdapat kontrak terselubung

Apakah di dalam hubungan Anda terdapat perjanjian-perjanjian terselubung yang hanya tersimpan dalam pikiran? Misalnya di dalam pikiran Anda atau di dalam pikiran pasangan terdapat keinginan untuk melakukan sesuatu yang baik kepada pasangan tetapi mengharapkan imbalan. Misalnya: “Saya akan belikan dia hadiah agar nanti malam dia tidak mengomel,” atau “saya akan biayai hidupnya, sebagai gantinya dia harus mencintai saya dan tetap setia selamanya.”

2. Menjebak pasangan

Manipulasi yang paling umum adalah menjebak pasangan dengan kalimat-kalimat yang melukai pasangan dengan cara yang halus. Perkataan yang dilontarkannya bisa membuat pasangan merasa bimbang dan mempertanyakan dirinya sendiri.

3. Mendiamkan pasangan

Ini adalah jenis manipulasi yang paling disukai banyak orang. Bukannya membicarakan masalah yang tengah dihadapi, mereka memilih mendiamkan pasangannya. Sebenarnya berdiam diri untuk memikirkan masalah itu sah-sah saja, akan tetapi banyak orang yang mendiamkan pasangannya dengan maksud menghukum pasangan sampai dia meminta maaf.

4. Mengecek ponsel

Pasangan yang manipulatif akan selalu mengecek pesan atau isi ponsel pasangannya, baik di depan maupun di belakang. Hal ini termasuk ciri orang yang tidak mempercayai Anda dan juga melanggar privasi. Kondisi ini sering terjadi ketika salah satu pasangan memiliki rasa tidak aman.

5. Manipulasi dari media sosial

Jika pasangan menggunakan media sosial untuk memanipulasi Anda, biasanya dia akan melakukannya untuk membuat Anda cemburu. Dia mungkin akan mengunggah foto dengan lawan jenis, mengunggah status dengan kalimat-kalimat yang ditujukan kepada Anda, mengomentari unggahan mantan atau orang lain yang dia tahu akan membuat Anda cemburu.

6. Menahan seks untuk mendapatkan apa yang dia inginkan

Manipulasi dalam hubungan pernikahan sering terjadi ketika pasangan menahan seks dari pasangannya karena dia kecewa. Menahan seks dilakukan untuk menghukum pasangannya karena telah melakukan hal-hal yang tidak dia sukai.

Sebetulnya menahan seks tidak selalu menjadi masalah besar dalam hubungan yang sehat. Hal ini menjadi masalah ketika dia menahan seks hanya untuk menghukum Anda atau untuk mendapatkan sesuatu dari Anda.

7. Mengontrol kehidupan

Jenis manipulasi yang paling halus karena sebagian besar orang tidak menyadari dia dimanipulasi. Korban secara tidak langsung dikendalikan hidupnya sesuai dengan apa yang diinginkan pasangan.

Jika Anda memiliki pasangan yang mengendalikan semua aspek kehidupan Anda, pada akhirnya Anda akan kehilangan diri Anda sendiri. Anda akan merasa seperti menjalani kehidupan orang lain.

 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pasangan, pasangan suami istri, relationship

Sumber : Lifehack.org

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup