The Irishman (2019) - Netflix
Entertainment

Netflix, The Irishman, dan Oscar

Syaiful Millah
Kamis, 19 Desember 2019 - 15:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Film orisinal Netflix The Irishman (2019) terus mendapatkan sambutan positif dari industri perfilman global. Hal ini meyakinkan bahwa perusahaan tidak keliru menggelontorkan dana hingga US$175 juta untuk menggarap film tersebut.

Pekan lalu, Netflix mengumumkan bahwa film berdurasi 209 menit besutan sutradara Martin Scorsese itu telah ditonton 26,4 juta kali di dalam platform hanya dalam waktu seminggu setelah perilisan perdananya.

Jumlah tersebut, bukan angka yang sedikit. Bahkan, lebih tnggi dari film orisinal lain yang dirilis sebelumnya, yakni Breaking Bad dengan jumlah penonton 25,7 juta orang setelah sepekan penayangannya.

Dilansir dari Variety, Kamis (19/12/2019) Scorsese yang menangani film itu pun menyatakan dirinya sangat senang dengan respon awal yang didapatkan. Kendati begitu, tujuan sebenarnya dari perilisan film tersebut tidak sekadar mendapatkan jumlah penonton.

The Irishman dijadikan Netflix sebagai salah satu film pamungkasnya tahun ini yang diharapkan bisa memboyong penghargaan di ajang internasional seperti Academy Awards atau Oscar.  Untuk itu, dana ratusan juga dollar pun berani dikucurkan.

Nominal lebih dari seratus juta dollar untuk ukuran film layar lebar saja merupakan angka yang cukup besar. Misalnya, film Joker (2019) dilaporkan memakan biaya produksi sekitar US$60 juta atau film Jumanji: The Next Level (2019) yang anggarannya diperkirakan sebesar US$130 juta.

Sebagai perbandingan, film Netflix lainnya seperti Bird Box (2018) hanya memakan bujet sekitar US$20 juta atau bahkan El Camino: Breaking Bad Movie yang hanya sekitar US$6 juta. Ini secara tegas menggambarkan bahwa perusahaan menaruh harapan penuh pada film The Irishman.

Netflix memang berfokus untuk menjadi perusahaan streaming pertama yang memenangkan kategori Best Picture Oscar. Hal ini dilakukan untuk mengukuhkan posisinya di tengah industri hiburan yang persaingannya bakal makin kompetitif di tahun mendatang.

Selain itu, menjadi pemenang dalam penghargaan industri perfilman paling bergengsi di dunia juga bisa meningkatkan pamor bagi para pelaku industri, bahwa platform mereka pun memiliki peluang besar untuk berlaga dan bersinar di ajang penghargaan dunia.

Netflix, pada tahun lalu telah membuktikan bahwa mereka tak bisa dipandang sebelah mata di ajang Oscar. Film orisinalnya berjudul Roma (2018) berhasil memboyong tiga penghargaan Oscar sekaligus yakni untuk kategori Best Foreign Language Film, Best Director, dan Best Cinematography.

Pada tahun ini, perusahaan telah memantapkan langkah awal yang cukup menjanjikan dengan mendominasi nominasi Golden Globe Award 2020. Tiga film unggulannya yang paling populer adalah The Irishman, Marriage Story (2019), dan The Two Popes (2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro