Senior Director PT Ciputra Development Tbk Sutoto Yakobus (kiri) dan Direktur Ciputra Agung Krisprimandoyo (kanan) saat pembukaan pameran foto bertajuk My Flat World di Ciputra World Surabaya, Senin (13/1/2020). JIBI/Bisnis  Peni Widarti
Entertainment

Potret Dunia Dalam Jepretan Agung Krisprimandoyo

Peni Widarti
Selasa, 14 Januari 2020 - 07:13
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - Puluhan karya foto berbagai momen di dunia berjajar di pameran bertajuk ‘My Flat World’ di Ciputra World Surabaya.

Karya foto itu merupakan karya perjalanan Agung Krisprimandoyo, Direktur PT Ciputra Development Tbk, yang sempat mengelilingi 63 negara sejak tahun 2003. 

Dari 100 jepretan, hanya 30 foto yang dipilih oleh kurator Oscar Motuloh untuk ditampilkan. Puluhan foto itu mewakil momen dari 25 negara dan telah diwujudkan dalam bentuk buku berjudul ‘My Flat World’.

"Kebetulan ini adalah buku ketiga saya yang lebih banyak menceritakan tentang traveling, dari jalan-jalan, budaya manusia, maupun landscape yang terkait traveling itu sendiri," kata Agung saat konferensi pers, Senin (13/1/2020).

Proses pembuatan buku itu pun membutuhkan waktu 5 tahun yang dimulai sejak dirinya mengikuti workshop fotografi dari Kantor Berita Antara. 

Ide membuat buku berisi hasil bidikan kamera itu terinspirasi dari kebiasaan membaca komik Mark Twain yang mengisahkan perjalanan keliling dunia selama 365 hari dengan balon udara.

Pimo, panggilan akrab Agung ini, juga terinspirasi dari sang ayah yang merupakan dokter gigi, tetapi memiliki kamera sehingga menarik perhatianya untuk bermain menggunakan sisa roll foto yang ada.

Sejak itu Pimo kerap ‘hunting’ foto, bahkan menyisihkan penghasilannya untuk membeli kamera demi hobinya dan memanfaatkan perjalanan luar negerinya untuk mengabadikan gambaran dunia dari perspektif lensanya.

"Sebenarnya, saya juga terinspirasi hasil jepretan orang yang pernah datang ke tempat itu, lalu ingin memotret dengan perspektif saya supaya bisa jadi inspirasi orang lain juga," katanya.

Puluhan bingkai oleh-oleh perjalanan Pimo menunjukan banyak sisi keindahan di setiap tempat, dari pakaian adat dan budaya di Papua Nugini, struktur bangunan di Sri Dauji Maharaj Temple Mathura - India hingga aktivitas masyarakat di India saat menggunakan transportasi kereta api.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Peni Widarti
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro