Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dilema, Mau Pilih Karir Atau Cinta? Ini Tips Menentukan Sikap

Sebagian orang sering sekali dihadapkan pada dua pilihan, karir atau cinta? Dua pilihan membuat bingung.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 30 April 2020  |  19:43 WIB
Perempuan sering kali dihadapkan pada pilihan karir atau cinta. - boldsky.com
Perempuan sering kali dihadapkan pada pilihan karir atau cinta. - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Menjalani hubungan selalu ada tantangan. Kerap kali, kita dihadapkan beberapa pilihan.

Salah satu pilihan yang paling sering muncul yakni antara pekerjaan dan cinta. Namun kenyataannya, tidak ada satupun yang bisa menjelaskan apakah harus memilih cinta atau pekerjaan.

Kamu harus bertanya kembali ke dalam isi hati untuk memutuskan mana yang terbaik untuk dirimu. Berikut 11 pertanyaan yang bisa menjadi rujukan, dilansir dari Bolde:

1. Dimana sebenarnya hatimu?

Terkadang logika dan akal yang sering dipakai untuk menentukan pilihan. Tapi, jika tidak melibatkan hati, anda akan membuang-buang waktu saja. Anda harus memutuskan pilihan berdasarkan apa yang membuat benar-benar bahagia?

2. Kamu ingin, tapi kenapa?

Pastikan anda menginginkan sesuatu untuk alasan yang tepat! Jika memilih untuk bertahan dengan pasangan karena merasa bersalah anda meninggalkannya, yakinlah itu bukan keputusan yang sehat. Demikian pula, jika memilih karier karena didorong oleh status dan uang, tidak terlalu bagus karena tidak akan membuat anda bahagia. Pilihan seperti itu akan mengarah pada jalan buntu.

3. Ikuti nasihat hubungan di web

Saat ini banyak situs atau aplikasi yang berisi nasihat-nasihat tentang menjalin hubungan yang baik. Para motivator bisa membantu anda melalui situasi cinta yang rumit dan sulit tersebut.

4. Berapa harga yang anda bayar untuk cinta?

Tidak ada yang bisa memprediksi mengenai masa depan hubungan setiap pasangan. Tetapi anda perlu bertanya, apakah pasangan anda saat ini benar-benar ingin membangun masa depan bersama anda? Apakah memang layak anda bertahan dengan mereka?

5. Apakah akan menghilangkan keinginan terbesar dalam hidup anda?

Jika karir yang anda jalani saat ini merupakan impian dan hasrat, kejarlah. Jika tidak, mungkin anda akan menyesali peluang apabila melewatkannya.

6. Apakah anda menjadi pasif pada sesuatu?

Setiap pasangan tidak ingin berada dalam hubungan yang terlalu dikekang dan mengikuti perkataan. Itu hanya akan berakhir dengan rasa sakit dan kekecewaan. Pilih apa yang anda inginkan dan kemana anda akan pergi sebelum memilih orang yang akan menemani dalam hidup ini. Jika tidak, anda akan menjalani kehidupan orang lain dan mengejar impian mereka, bukan anda.

7. Apakah akan membenci pasangan anda di masa depan?

Jika anda memilih untuk tidak mengambil tawaran pekerjaan dan lebih memilih tinggal bersama pasangan, pastikan di kemudian hari anda akan membencinya. Anda harus 100 persen yakin telah membuat pilihan yang tepat. Kehidupan tanpa penyesalan adalah hal yang paling penting.

8. Apakah hubungan berjalan sesuai cara anda?

Jika pasangan dengan tegas menyatakan tidak akan mendukung impian anda, hal ini akan mempermudah untuk mengambil keputusan untuk memutuskan hubungan.

9. Bisakah memiliki keduanya?

Siapa bilang Anda harus memilih antara cinta dan karir? Anda sering kali bisa mendapatkan keduanya, tetapi mungkin tidak pada saat yang bersamaan. Mungkin anda harus mengalami hubungan jarak jauh sementara waktu hingga impian atau pekerjaan selesai. Sebuah studi yang dilakukan YouGov di Inggris menemukan bahwa 35 persen wanita berusia antara.

10. Dapatkah cinta dan karir berjalan beriringan?

Pasangan yang baik adalah yang mengerti impian dalam hidup. Sebelum menjalin hubungan, ada baiknya anda menegaskan bahwa karir atau impian yang anda perjuangkan harus tetap dilaksanakan.

11. Apakah anda selalu banyak mendengar omongan orang?

Banyak orang berkata cinta mengalahkan segalanya. Memungkinkan bila Anda sebagai wanita, karir adalah nomor kesekian. Ada juga yang berkata, jika memilih karir, harus siap-siap menjadi perawan tua.

Abaikan omongan orang dan ikuti kata hati. Sebab yang menjalankan hidup anda adalah anda sendiri, bukan mereka.

12. Siapa bilang hidup hanya tentang satu hal?

Hidup membutuhkan keseimbangan. Jangan berharap pada satu hal saja untuk membuat hidup bahagia. Setidaknya butuh beberapa hal untuk

 menimbulkan perasaan puas dengan cara yang berbeda. Jika pekerjaan atau hubungan layak dipertahankan, itu justru sangat baik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cinta Tips Karir tips cinta
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top