Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini 5 Cara Menjaga Kesehatan Payudara

Bagi perempuan, penyakit kanker payudara adalah penyakit yang paling banyak membunuh perempuan. Penyakit ini bisa dicegah dengan menjaga kesehatan payudara.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 14 Juni 2020  |  14:16 WIB
Ilustrasi kanker payudara - boldsky
Ilustrasi kanker payudara - boldsky

Bisnis.com, JAKARTA - Rutin menjaga kesehatan payudara merupakan hal penting untuk mengantisipasi kanker payudara. Dengan menyadari kejanggalan yang muncul lebih dini akan memberi harapan hidup lebih tinggi.

Kanker payudara termasuk dalam 10 besar jenis kanker yang memicu kematian terbanyak pada perempuan di Indonesia. Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, angka kematiannya mencapai 21,5 per 100.000 penduduk.

Untuk itu, pemerintah menggalakkan program deteksi dini kanker payudara dengan saksama. Salah satunya adalah SADARI, yakni periksa payudara sendiri.

SADARI perlu dilakukan oleh semua wanita sejak usia 20 tahun. Pemeriksaan mandiri ini sebaiknya dilaksanakan secara rutin setiap bulan, pada 7-10 hari setelah hari pertama haid terakhir Anda. Melalui SADARI, kaum hawa dapat menjaga kesehatan payudara sekaligus mendeteksi ada tidaknya keabnormalan. Dengan ini, kondisi yang mencurigakan bisa segera diketahui dan diperiksakan ke dokter.

Di samping rutin melakukan SADARI, Anda juga dapat menerpakan upaya-upaya tertentu sebagai cara menjaga kesehatan payudara dan menjauhkan diri dari kanker payudara. Berikut ini beberapa cara untuk menjaga kesehatan payudara:

1. Berolahraga secara rutin

Selain dapat melancarkan peredaran darah, teratur berolahraga bisa membantu Anda untuk mencegah kegemukan. Pasalnya, kelebihan berat badan atau obesitas termasuk faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Anda dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik ini setidaknya selama 30 menit per hari. Dengan berolahraga secara teratur, Anda juga dapat mencegah beragam penyakit lain.

2. Menerapkan pola makan sehat dan seimbang

Sebagai cara menjaga kesehatan payudara, tambahkan juga sederet makanan dan minuman bergizi ke dalam menu makan Anda. Beberapa contohnya meliputi sayuran, seperti bayam, wortel, ubi jalar, kembang kol, brokoli, kubis, serta kale.

Buah-buahan, misalnya stroberi, blueberry, raspberry, plum, dan persik. Gandum utuh, contohnya oatmeal, nasi merah, serta jagung. Kacang-kacangan yang meliputi kenari kacang merah, serta kacang kedelai. Ikan tinggi omega-3, misalnya salmon, sarden, dan ikan kod. Minuman kaya antioksidan, contohnya teh hijau. Makanan dan minuman fermentasi, seperti yoghurt, tempe, dan tahu.

3. Berhenti merokok

Tidak hanya kanker payudara, merokok juga bisa menurunkan risiko dari berbagai gangguan kesehatan lain. Mereka yang bukan perokok pun sebaiknya menghindari paparan asap rokok. Pasalnya, menjadi perokok pasif bisa pula membahayakan kesehatan Anda.

4. Menghindari konsumsi minuman beralkohol

Wanita yang mengonsumsi minuman beralkohol sebanyak sekitar 5 sampai 10 gram per hari, memiliki risiko kanker payudara yang lebih tinggi daripada kaum hawa yang tidak minum alkohol. Peningkatan ini bahkan mencapai 15 persen.

Apabila Anda mengonsumsi lebih banyak alkohol, risiko kanker payudara akan turut meningkat. Karena inilah, menghindari alkohol juga termasuk cara menjaga kesehatan payudara.

5. Menyusui buah hati

Mungkin bukan rahasia lagi bahwa manfaat menyusui tak hanya menguntungkan anak, tapi juga sang ibu. Tapi siapa sangka kegiatan ini juga ternyata bisa menjauhkan Anda dari kanker payudara. Semakin lama Anda menyusui buah hati, kualitas perlindungan alami untuk payudara Anda juga semakin tinggi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyakit kanker payudara payudara

Sumber : Tempo.co

Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

BisnisRegional

To top