Rambut rontok/huffingtonpost
Fashion

Rambut Rontok? Cobalah Asupan Suplemen Zinc

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 19 Juni 2020 - 14:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rambut rontok membuat orang gelisah dan khawatir mengalami kebotakan.

Penyebab rambut rontok juga beragam. Fakta yang menyedihkan adalah bahwa setiap orang akan mengalami kerontokan rambut pada suatu saat dalam hidup mereka.

Bagi sebagian kecil yang beruntung, kenyataan ini hanya akan muncul di kemudian hari dalam kehidupan mereka, tetapi bagi sebagian orang, kenyataan rambut rontok menjadi terlalu akrab terlalu cepat.

Untungnya, ada cara untuk membantu memerangi ini dan mengambil vitamin harian bisa membantu.

Zinc memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan rambut seseorang.

Zinc juga membantu menjaga kelenjar minyak di sekitar folikel bekerja dengan cara yang seharusnya membantu pertumbuhan rambut. Ketika seseorang mengalami kerontokan rambut, seringkali hal itu dapat dikaitkan dengan kekurangan seng dalam makanannya.

Ini adalah alasan mengapa banyak ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi suplemen zinc untuk membantu pertumbuhan rambut.

Collective Laboraties mengatakan di seluruh tubuh, zinc sangat penting untuk proses biologis yang sehat seperti pertumbuhan rambut.

“Seng juga memiliki sifat anti-inflamasi dan meningkatkan pembelahan sel - faktor kunci dalam menjaga kesehatan kulit kepala," tulis penelitian tersebut.

“Dengan mendukung folikel sehat, zinc akan memastikan kulit kepala seimbang sebagai fondasi kepala rambut yang sehat. "Seng memperkuat kelenjar sebaceous, memperpanjang siklus pertumbuhan rambut dan mempromosikan pemulihan folikel rambut."

Dalam sebuah penelitian dengan Perpustakaan Nasional Obat-Obatan Nasional Institut Kesehatan AS, mencatat zinc adalah mikronutrien penting untuk metabolisme manusia yang mengkatalisasi lebih dari 100 enzim, memfasilitasi pelipatan protein, dan membantu mengatur ekspresi gen.

"Gejala defisiensi zinc tidak spesifik, termasuk retardasi pertumbuhan, diare, alopesia, glositis, distrofi kuku, penurunan kekebalan, dan hipogonadisme pada pria."

Dalam penelitian lain dengan Perpustakaan Nasional Kedokteran Amerika Serikat, Institut Kesehatan Nasional, terapi zinc oral untuk efluvium telogen terkait defisiensi seng dianalisis.

Studi tersebut mencatat zinc sangat penting untuk menjaga homeostasis tubuh manusia dan merupakan salah satu komponen utama hormon, molekul sinyal dan enzim.

“Untuk menguji apakah pemberian seng oral berhasil meningkatkan alopesia terkait defisiensi seng, kami merawat lima pasien dengan efluvium telogen terkait defisiensi seng dengan pemberian seng oral dalam bentuk polaprezinc.

"Pada semua pasien, rambut rontok disembuhkan atau mengalami perbaikan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro