Vitamin
Health

Penderita Maag, Hindari Konsumsi Vitamin C Dosis di Atas 500 MG

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 14 Agustus 2020 - 17:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penderita maag, selain harus menghindari makanan pedas, asam, mengandung pengembang dan bersantan, juga ternyata harus berhati-hati saat mengonsumsi vitamin.

Salah satunya yakni vitamin C. Dekan Fakultas Kedokteran UI dr Ari Fahrial Syam mengatakan, bagi mereka penderita maag disarankankan jangan konsumsi vitamin C berlebihan.

Alasannya, katanya, berlebihan konsumsi vitamin C itu bisa membuat maag nya kambuh.

"Setiap praktek ada saja pasien maag yg kambuh karena konsumsi suplemen vit C diatas 500 mg," tulisnya di akun twitter pribadinya.

Dikutip dari Kalcare.com, alasan penderita maag bisa kambuh saat konsumsi vitamin c, karena vitamin C juga memiliki sifat asam yang tentu saja bisa memicu rasa perih jika dikonsumsi dalam perut kosong.

Risiko ini bahkan semakin tinggi pada penderita penyakit lambung seperti maag. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut tips mengonsumsi vitamin C untuk penderita maag.

Pastikan Perut Sudah Terisi

Sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C Blackmores, pastikan perut Anda sudah terisi. Akan lebih baik lagi jika Anda mengonsumsinya seusai makan besar. Dalam kondisi perut sudah terisi, perut relatif lebih siap untuk menerima makanan yang bersifat asam. Jadi meski Anda mengonsumsi suplemen vitamin C yang bersifat asam sekalipun, rasa perih yang ditimbulkannya relatif berkurang.

Pilih Suplemen Vitamin C yang Tidak Banyak Mengandung Asam

Vitamin C memang kerap dijumpai pada makanan-makanan yang bersifat asam. Bahkan banyak suplemen vitamin C yang juga memiliki rasa asam. Namun jika Anda memiliki penyakit maag, pilihlah suplemen yang tidak mengandung asam. Setidaknya, hindari suplemen vitamin C yang rasanya masam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro