Para peneliti di dunia tengah berlomba untuk menciptakan vaksin virus corona (Covid-19) yang efektif./Euronews
Health

Vaksinasi Flu Penting Selama Pandemi Virus Corona

Syaiful Millah
Kamis, 3 Desember 2020 - 18:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sudah hampir 1 tahun pandemi virus corona berlangsung. Sejumlah negara juga sebentar lagi akan menghadapi flu musiman dan alergi yang menuntut masyarakat untuk melawan sejumlah penyakit berbahaya dan mematikan.

Kendati sudah ada persetujuan penggunaan terbatas vaksin Covid-19, perang melawan virus corona baru itu masih akan sulit. Bagaimanapun, masyarakat harus dipastikan mendapatkan vaksin flu. Dilansir dari Times of india, Kamis (3/12) berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang vaksinasi flu selama masa pandemi Covid-19.

1. Vaksinasi flu penting selama pandemi

Dengan merebaknya virus corona baru, banyak orang yang mengabaikan kondisi kesehatan lain dan hanya berfokus melindungi diri dari penyakit Covid-19. Meskipun penting untuk mencegah penyebaran virus, tetapi juga penting untuk mendapatkan suntikan vaksin flu tepat waktu.

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), antara 140.000 hingga 810.000 orang dirawat di rumah sakit setiap tahunnya akibat flu. Oleh sebab itu, vaksinasi memberikan ruang bagi pasien Covid-19 untuk mendapat perhatian ekstra dan mendorong pemulihan.

2. Flu dan virus corona baru tidak sama

Lantaran flu dan Covid-19 adalah penyakit pernapasan dan memiliki gejala yang sama, banyak orang yang percaya bahwa kedua penyakit ini sama. Akan tetapi, sebenarnya kedua penyakit ini sama sekali tidak identik.

Menurut para ahli, Covid-19 tampaknya menciptakan respons peradangan yang jauh lebih intens di tubuh. Ini dapat menyebabkan penggumpalan darah dan jaringan parut serta berkembang dari ringan menjadi lebih buruk.

Di sisi lain, flu bisa berdampak buruk pada kesehatan seseorang, namun jumlah kematian dalam kasusnya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan penderita penyakit virus corona baru.

3. Vaksin flu tidak melindungi orang dari virus corona

Tidak sedikit orang yang percaya bahwa vaksin penyakit flu dapat melindungi mereka dari Covid-19. Padahal tidak demikian, dan bukan hanya itu saja masalah yang timbul dari kepercayaan seperti ini.

Setiap tahun, vaksin flu dimodifikasi untuk melawan strain virus influenza yang berbeda dan spesifik. Kendati ilmuwan percaya bahwa antibodi tertentu dapat melindungi orang dari Covid-19, tapi belum ada penelitian lebih lanjut terkait vaksin flu dan corona baru.

4. Aman mendapatkan vaksin flu ketika masa pandemi Covid-19

Banyak orang berpikir bahwa tidak aman mendapatkan vaksinasi flu selama Covid-19 karena harus mengunjungi rumah sakit dan klinik medis, guna mendapatkannya. Sementara, tempat-tempat tersebut berisiko tinggi menularkan virus corona.

Namun, vaksinasi untuk diri sendiri adalah hal yang paling penting. Meskipun ada kekhawatiran tersebut, dokter dan profesional medis telah mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk menjaga keamanan pasien.

Oleh sebab itu, jangan khawatir untuk melakukan vaksin flu. Kenakan masker wajah, sering cuci tangan, menjaga jarak, dan buat janji temu untuk menghindari kerumunan, serta ikuti seluruh pedoman yang diberikan oleh profesional.

5. Melakukan vaksinasi flu tidak membuat orang dites Covid-19

Klaim bahwa suntikan flu akan membuat orang dites positif Covid-19 sama sekali tidak benar. Tes Covid-19 menargetkan bentuk materi atau protein genetik yang spesifik dan berbeda dengan proses vaksin flu.

Oleh karena itu, kecil kemungkinan infeksi, penyakit, atau vaksin lain akan memengaruhi uji virus corona dengan cara apa pun. Jangan jadikan ini sebagai alasan untuk menghindari vaksinasi flu yang sangat penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro