Kandidat vaksin Pfizer
Health

Vaksin Covid-19 Pfizer Mulai Bekerja 10 Hari Setelah Dosis Pertama

Syaiful Millah
Rabu, 9 Desember 2020 - 14:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berdasarkan dokumen anyar dari Food and Drug Administration (FDA), vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer dan BioNTech mulai melindungi orang dari virus corona 10 hari setelah dosis pertama diberikan.

Dilansir dari Live Science, Rabu (9/12) dokumen tersebut dirilis beberapa hari sebelum pertemuan panel penasihat vaksin FDA dengan Pfizer, yang akan memberikan hasil apakah mereka akan merekomendasikan otorisasi penggunaan vaksin di Amerika Serikat.

FDA menganalisis data dari uji klinis fase 3 Pfizer, yang melibatkan sekitar 44.000 orang di berbagai negara. Sekitar setengah dari mereka menerima vaksin dan yang lainnya menerima plasebo, dengan dua suntikan berinterval 21 hari.

Sekitar 10 hari setelah dosis pertama, ada penurunan nyata dalam kasus Covid-19 baru pada kelompok vaksin dibandingkan dengan kelompok plasebo, yang menunjukkan bahwa sat dosis memberikan perlindungan.

Namun demikian, menurut laporan dari The New York Times, para ilmuwan tidak tahu berapa lama perlindungan dari satu dosis itu akan bertahan, jadi tetap penting bagi masyarakat untuk menerima dua dosis suntikan vaksin.

Adapun, laporan yang dirilis dari FDA itu menunjukkan secara keseluruhan vaksin Covid-19 dar Pfizer dan BioNTech 52 persen efektif setelah suntikan dosis pertama dan 95 persen efektif setelah dosis kedua.

Dokumen baru itu juga memberikan informasi lebih lanjut tentang efek samping vaksin. Pakar FDA mengatakan tidak ada masalah keamanan khusus yang akan mencegah pejabat untuk mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin.

Sekitar 84 persen peserta melaporkan nyeri di tempat suntikan, 63 persen melaporkan kelelahan, 55 persen sakit kepala, 38 persen nyeri otot, 32 persen menggigil, 23 persen nyeri sendi, dan 14 persen melaporkan demam.

Efek samping ini lebih umum terjadi setelah dosis kedua diberikan ketimbang dosis pertama. Akan tetapi, laporan itu menyebut efek sampingnya hanya berlangsung sebentar, sekitar satu sampai dua hari.

Times melaporkan bahwa mengingat efek samping yang tidak menyenangkan tersebut, beberapa orang mungkin perlu mengambil cuti untuk beristirahat satu hari setelah menerima dosis vaksin kedua.

Ada beberapa saran bahwa vaksin juga akan bermanfaat bagi orang yang sudah terjangkit Covid-19 dengan mengurangi kemungkinan mereka terinfeksi kembali, tetapi masih terlalu sedikit data yang dimiliki untuk menghasilkan kesimpulan tersebut.

Dilaporkan bahwa panel penasehat FDA akan bertemu dengan Pfizer pada beberapa hari mendatang, tepatnya pada 10 Desember dan akan mengumumkan hasil apakah vaksin akan digunakan atau tidak beberapa hari setelahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro