Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bahaya Kekurangan Yodium, Ini Efek Jangka Panjangnya

Yodium dibutuhkan oleh ibu hamil dan juga oleh balita di masa tumbuh kembang anak yakni mulai dari 1.000 hari pertama kehidupan.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 26 Januari 2021  |  10:10 WIB
Garam mengandung yodium yang berguna bagi kesehatan./Ilustrasi - Healthcareaboveall
Garam mengandung yodium yang berguna bagi kesehatan./Ilustrasi - Healthcareaboveall

Bisnis.com, JAKARTA - Yodium merupakan zat penting yang diperlukan tubuh. Apabila kekurangan, bisa saja menimbulkan dampak jangka panjang bagi manusia.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Diana F. Suganda mengatakan ibu hamil yang kekurangan yodium misalnya, bisa melahirkan anak yang memiliki tingkat intelegensi yang rendah.

"Yodium berfungsi untuk pertumbuhan otak. Berkaitan dengan perkembangan anak, pertumbuhan, intelegensi, hormon yang berpengaruh ke tubuh," ujarnya baru-baru ini.

Tak hanya saat ibu hamil, asupan yodium juga berlaku di masa tumbuh kembang anak yakni mulai dari 1.000 hari pertama kehidupan. Pada masa itu, otak tengah distimulasi. Sementara masa 2-5 tahun disebut golden periode yang perlu diisi makronutrien dan mikronutrien yang tepat.

Apabila tidak diberi asupan yodium yang tepat, anak berpotensi memiliki tubuh yang pendek dibanding anak seusianya. Mereka juga bisa mengalami gondok, pembesaran kelenjar tiroid.

Pada usia dewasa, potensi kesulitan untuk hamil bisa muncul. Kekurangan yodium juga mengganggu siklus menstruasi hingga fungsi mental. "Gejalanya dari yang kelihatan sampai nggak kelihatan," tutur Diana.

Oleh karena itu, penting untuk memberikan asupan yodium bagi anak dan diri kita sendiri. Nyatanya yodium bisa dipenuhi bukan hanya mengonsumsi garam beryodium, tetapi juga terdapat dalam sumber makanan di sekitar kita selama ini. Seperti ada pada makanan laut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan makanan garam
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top