Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Industri Fesyen Perlu Kolaborasi Pemasaran di Era Covid-19

Dunia industri usaha kini memasuki fase baru mengikuti fenomena Covid-19 yang tidak berkesudahan. Semua sektor usaha banyak yang mengalami goncangan karena imbas pandemi, bahkan tak sedikit yang gulung tikar.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 31 Maret 2021  |  20:50 WIB
Citra Subiyakto, designer sekaligus owner dari label busana Sejauh Mata Memandang.  - Bisnis.com/Janlika
Citra Subiyakto, designer sekaligus owner dari label busana Sejauh Mata Memandang. - Bisnis.com/Janlika

Bisnis.com, JAKARTA - Dunia industri usaha kini memasuki fase baru mengikuti fenomena Covid-19 yang tidak berkesudahan. Semua sektor usaha banyak yang mengalami goncangan karena imbas pandemi, bahkan tak sedikit yang gulung tikar.

Untuk itu diperlukan pemain usaha yang mampu beradaptasi dengan situasi ini untuk bertahan.

Citra Subiyakto, designer sekaligus owner dari label busana Sejauh Mata Memandang, mengatakan dalam keadaan ini tidak dapat pungkiri bila seluruh industri usaha akan berpotensi gugur bila tidak memiliki strategi yang luwes mengikuti keadaan pasar.

Kolaborasi dengan label produk lain dianggapnya langkah yang sangat penting untuk dilakukan saat ini.

"Kolaborasi dengan produk lain sangat penting karena dapat membuat label yang Anda kelola aktif di pasar meski situasi sedang tidak menentu seperti ini," katanya secara virtual pada acara Plaza Indonesia 31st Anniversary VirtualCharity Concert-Pass the Mic, Rabu (30/3/21).

Menurut Citra kolaborasi akan membuat pelaku industri secara tidak langsung mempromosikan produknya pada pasar. Dengan aktif di pasar, masyarakat akan tetap mendengar nama produk tersebut meskipun daya beli sedang lemah.

Kolaborasi yang dilakukan bisa dilakukan dengan produk yang hampir serupa atau bahkan beda. Misalnya produk fesyen dengan kuliner, atau melibatkan kolaborasi dengan influencer.

Dengan begitu pasar produk tersebut akan menjangkau pasar produk lain yang sebelumnya tidak menjadi target pemasaran. Dengan kata lain pendekatan pasar akan semakin luas. Bahkan, dengan kolaborasi dapat menciptakan ide-ide atau inovasi yang bisa dikembangkan produsen.

"Saling berbagi tentang kondisi masing-masing produsen di masa saat ini dapat digunakan untuk berbagi wawasan guna melahirkan ide-ide baru yang segar dan cocok untuk di masa pandemi ini," tutup Citra.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fesyen desainer lokal
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top