Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Catat! 5 Bahan Alami untuk Mengobati Asam Lambung

Ternyata ada bahan-bahan herbal dan alami yang dipercaya dapat mengobati sakit akibat asam lambung. Simak daftarnya!
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Maret 2021  |  17:03 WIB
Ilustrasi sakit perut akibat asam lambung  -  Istimewa
Ilustrasi sakit perut akibat asam lambung - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit asam lambung biasanya disebabkan beberapa faktor antara lain pola makan kurang teratur. Bukan itu saja, pola makan yang kurang sehat dapat memicu naiknya asam lambung, seperti cokelat, makanan berlemak, pedas, buah atau jus yang dengan keasaman yang tinggi, serta minuman kopi dan soda.

Gejala asam lambung naik biasanya terasa nyeri dan timbul tidak nyaman pada perut bagian atas (ulu hati). Rasa sakit yang timbul saat menarik nafas dalam seperti terasa panas atau terbakar di dalam perut. Kondisi tersebut diperparah dengan rasa mudah kenyang saat makan seerta mual, muntah, dan kembung.

Asam lambung sangat bahaya jika tidak ditangani dengan baik serta bisa mengganggu aktivitas dan mengurangi ruang gerak produktif bagi penderitanya.

Pengidap sakit asam lambung biasanya akan mendapatkan perlakuan medis seperti Pemeriksaan Elektrokardiogram (EKG) untuk melihat apakah ada gejala lain yang timbul karena nyeri dari asam lambung.

Selain obat dari dokter, ternyata ada bahan-bahan herbal yang dipercaya dapat mengurangi sakit akibat asam lambung. Berikut 5 bahan alami yang ada di sekitar kita untuk mengatasi asam lambung seperti dikutip dari Tempo.co:

1. Daun Kemangi
Penggunaan daun kemangi untuk mengobati asam lambung cukup membantu karna sifatnya yang menenangkan. Hal yang perlu dilakukan yaitu memakan beberapa daun kemangi atau merebus 3-4 daun kemangi dalam secangkir air dan biarkan sampai mendidih di lakukan saat muncul gas pertama dan di coba terus menerus.

2. Kayu Manis
Siapa sangka, kayu manis yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur dapat berfungsi sebagai antasid alami untuk asam lambung. Kayu manis dipercaya dapat menenangkan perut dengan meningkatkan pencernaan dan penyerapan.

3. Gula merah
Gula merah dapat membantu pencernaan dan membuat sistem pencernaan lebih bersifat basa sehingga mengurangi keasaman lambung. Cara mengkonsumsinya cukup mengisap sepotong kecil gula merah setelah makan.

4. Cengkeh
Cengkeh sudah dari dulu menempati posisi penting dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda. Cengkeh dapat mengobati gangguan pencernaan. Cengkeh yang memiliki sifat karmanatif sehingga dapat mencegah pembentukan gas di saluran pencernaan.

5. Biji Jintan
Biji jintan sudah dipercaya sebagai obat alami untuk asam lambung. Bekerja sebagai penetral asam yang hebat, membantu pencernaan dan meredakan sakit di perut.

Sumber: Tempo.co


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

obat herbal asam lambung
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top