Bangun dan berjalan setiap 2-3  jam dalam sehari. /Bloomberg
Health

Begini Cara Mudah Mencegah Pembekuan Darah

Desyinta Nuraini
Kamis, 8 April 2021 - 11:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pembentukan gumpalan darah yang tidak normal di dalam pembuluh darah arteri alias trombosis perlu diwaspadai. Gumpalan darah yang dinamakan trombus ini bahkan bisa berujung pada kematian.

Gumpalan yang terbentuk di arteri itu dikenal sebagai trombosis vena dalam (DVT). Ketika sebagian atau seluruh gumpalan tersebut pecah dan berjalan ke paru-paru, ini bisa mengancam nyawa.

Pembekuan darah bisa terjadi pada mereka yang dirawat inap, masa kehamilan, kanker, dan beberapa jenis perawatan kanker. Faktor risiko lainnya seperti pergerakan terbatas karena perjalanan yang lama atau istirahat di tempat tidur, riwayat pembekuan darah pribadi atau keluarga, dan cedera pada pembuluh darah.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan agar banyak menggerakkan kaki untuk meningkatkan aliran darah di kaki saat duduk dalam waktu lama, setelah istirahat di tempat tidur, atau saat bepergian selama lebih dari empat jam.

Sementara itu, CDC mencantumkan cara-cara untuk membantu mencegah penggumpalan darah.

  • Pertama, bangun dan berjalan setiap 2-3  jam dalam sehari.
  • Kedua, lakukan peregangan kaki sambil duduk.
  • Ketiga, angkat dan turunkan tumit sambil menjaga jari-jari kaki tetap di lantai saat duduk.
  • Keempat, angkat dan turunkan jari-jari kaki sambil menjaga tumit tetap di lantai.
  • Kelima, kencangkan dan lepaskan otot kaki.

Jika seseorang mengalami DVT di salah satu kaki atau lengannya, terkadang anggota tubuh tersebut tetap sedikit bengkak setelah perawatan. Kata CDC itu adalah hal yang wajar. Setelah pembekuan darah di paru-paru, seseorang mungkin juga merasakan nyeri ringan atau tekanan di dada.

Para ahli memperingatkan jika mengalami nyeri atau kram di betis yang kerap menyerang, itu bisa menandakan DVT. Ditambah adanya gejala sesak napas atau pingsan.

Di sisi lain,CDC mencatat faktor penting yang harus diperhatikan terkait pembekuan darah yakni gumpalan bisa terbentuk di mana saja, tetapi kemungkinan besar berkembang di kaki atau panggul.

Anda bisa mengalami DVT dan tidak mengetahuinya, terutama jika gumpalannya kecil. Gejala DVT yang paling umum adalah pembengkakan di lengan atau tungkai, nyeri yang bukan karena cedera, dan kulit yang terasa hangat serta berwarna merah di area gumpalan. Gumpalan biasanya terbentuk hanya di satu kaki atau lengan, tidak keduanya.

Ahli Jantung di Harvard Samuel Goldhaber mengatakan seseorang bisa berisiko lebih besar mengalami pembekuan darah di paru atau emboli paru jika memiliki riwayat DVT. Untuk itu dia menyarankan agar tetap aktif secara fisik dan lakukan segala kemungkinan untuk menghindari imobilitas.

"Itu berarti menjalani program olahraga yang menyehatkan jantung seperti berjalan kaki, setidaknya 30 menit sehari, enam hari seminggu," tuturnya dilansir dari Express UK, Kamis (8/4/2021).

Makan makanan yang menyehatkan jantung dan pertahankan berat badan tanpa lemak juga penting. "Kelebihan berat badan merupakan faktor risiko utama emboli paru."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Desyinta Nuraini
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro