Organ hati/istimewa
Health

3 Gejala Perlemakan Hati yang Sering Diabaikan

Desyinta Nuraini
Jumat, 9 April 2021 - 19:37
Bagikan

Bisnis.om, JAKARTA - Penyakit perlemakan hati terutama non-alkoholik kerap kali tidak bergejala sampai kondisi berkembang lebih serius. Namun ada sejumlah tanda yang bisa menjadi peringatan.

Penyakit perlemakan hati adalah istilah umum untuk kondisi yang ditandai dengan penumpukan lemak di hati. Akumulasi lemak di dalam hati bisa disebabkan oleh alkohol atau tidak terkait dengan alkohol. Penyakit lemak hati non-alkoholik (NAFLD) lebih sulit dijelaskan, baik dari segi penyebab maupun gejalanya. Hal ini membuatnya sangat sulit untuk didiagnosis.

Melansir Express UK, Jumat (9/4/2021), penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Gastroenterology & Hepatology menyebut NAFLD hanya cenderung menghasilkan gejala nonspesifik seiring dengan perkembangan kondisi.

Menurut penelitian, gejala nonspesifik dapat muncul jika kondisi berkembang menjadi steatohepatitis nonalkohol (NASH), sejenis NAFLD. Jika Anda menderita NASH, Anda mengalami peradangan dan kerusakan sel hati, bersama dengan lemak di hati.

Menurut penelitian, gejala nonspesifik termasuk nyeri perut sebelah kanan, kelelahan, dan malaise. Tanda-tanda lain termasuk penurunan berat badan tanpa sebab dan merasa lemah. 

"Jika sirosis (stadium paling lanjut) berkembang, Anda bisa mendapatkan gejala yang lebih parah, seperti menguningnya kulit dan bagian putih mata (ikterus), kulit gatal, dan bengkak di tungkai, pergelangan kaki atau perut (edema),” tulis NHS menambahkan.

Menurut NHS, NAFLD sering didiagnosis setelah tes darah yang disebut tes fungsi hati menghasilkan hasil yang tidak normal dan bukan karena kondisi hati lainnya seperti hepatitis.

Akan tetapi, seperti yang dijelaskan oleh badan kesehatan tersebut, tes darah tidak selalu menunjukkan hasil NAFLD. Diagnosis NAFLD juga bisa dilakukan melalui ultrasonografi.

Sementara itu, para ahli tidak tahu persis mengapa beberapa orang mengalami penumpukan lemak di hati. Demikian pula, ada pemahaman yang terbatas tentang mengapa beberapa perlemakan hati mengembangkan peradangan yang menjadi sirosis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro