Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pangeran Charles Diyakini Akan Jadi Pewaris Utama Tahta Inggris

Gelar Duke of Edinburgh Pangeran Philip telah diberikan kepada Pangeran Charles, sebagai putra tertua dan pewaris takhta.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 16 April 2021  |  20:31 WIB
Pangeran Philip, dan Pangeran Charles.  - insider
Pangeran Philip, dan Pangeran Charles. - insider

Bisnis.com, JAKARTA - Gelar Duke of Edinburgh Pangeran Philip telah diberikan kepada Pangeran Charles, sebagai putra tertua dan pewaris takhta.

Melansir dari insider, Jumat (16/4/2021), pemegang gelar berikutnya adalah saudara laki-laki Charles yaitu Edward atau Earl of Wessex.

Protokol kerajaan menetapkan bahwa gelar tersebut harus dikembalikan ke kerajaan setelah kenaikan tahta Charles, sebagaimana diuraikan dalam surat paten Raja George VI pada 19 November 1947.

Gelar kebangsawanan diciptakan untuk Philip ketika dia melepaskan statusnya sebagai bangsawan Eropa untuk menikahi Ratu Elizabeth II.

Dikatakan bahwa setelah kematiannya, gelar tersebut akan diberikan kepada ahli waris laki-laki dari tubuhnya yang diperanakkan secara sah, seperti yang dicatat oleh pakar kerajaan Marlene Eilers Koenig dalam blognya.

Berbicara kepada Insider, Koenig menjelaskan ketika Edward menikah pengumuman gelar barunya yaitu Earl of Wessex. Dan juga termasuk pernyataan bahwa ia akan menerima gelar Duke of Edinburgh hanya setelah gelar dikembalikan ke kerajaan.

"Ini berarti ketika Charles menjadi raja, gelar bangsawan Edinburgh kembali ke mahkota. Ini akan memungkinkan Charles untuk menciptakan Duke of Edinburgh baru untuk saudaranya," tambahnya.

Perguruan tinggi senjata, yang mengontrol dan memberikan lambang negara di Inggris, Wales, dan Irlandia Utara, serta beberapa negara persemakmuran mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan pekan lalu bahwa gelar pertama akan diberikan kepada Charles.

"Para bangsawan ini turun-temurun dan atas kematian Yang Mulia telah diwariskan kepada putra tertuanya, yaitu HRH Pangeran Wales," bunyi pernyataan itu.

Pernyataan College of Arms juga menjelaskan gelar Pangeran Philip lainnya yang diwarisi sehari setelah dia diberikan gelar HRH pada 19 November 1947, seperti Earl of Merioneth dan Baron Greenwich, dari Greenwich di County of London. Dia secara resmi menjadi pangeran Inggris pada 22 Februari 1957, ketika gelar itu diberikan kepadanya oleh Ratu dalam surat peresmian yang baru.

Pernyataan itu bertuliskan, sebuah deklarasi pada tanggal yang sama mengkomunikasikan keinginan dan kesenangan Yang Mulia bahwa suaminya dikenal sebagai Yang Mulia Pangeran Philip Duke dari Edinburgh.

Maka, tidak mungkin Pangeran Charles akan menggunakan gelar tersebut, karena dia sudah memiliki daftar panjang termasuk Pangeran Wales, serta Duke of Rothesay ketika dia berada di Skotlandia, dan Duke of Cornwall ketika dia mengunjungi South West of Inggris.

Sementara, pangeran Edward saat ini hanya memegang gelar Earl of Wessex.

Pakar kerajaan Richard Fitzwilliams menggambarkan gelar Duke of Edinburgh saat ini tidak aktif. Ia juga mengatakan raja sebelumnya termasuk Raja George I dan Ratu Victoria, telah membuat ulang gelar untuk putra mereka setelah tidak aktif.

"Dengan cara inilah gelar dapat digunakan dan kemudian gelar tersebut diciptakan kembali ketika seorang raja baru naik tahta," kata Fitzwilliams.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pangeran charles kerajaan inggris
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top