Herbal Bajakah. /Herbo
Health

Sembuhkan Diabetes, Ini 5 Fakta Bajakah si Pohon Kesehatan

Janlika Putri Indah Sari
Kamis, 27 Mei 2021 - 08:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bajakah kini menjadi salah satu herbal yang banyak dicari. Tak hanya di Indonesia saja, bajakah juga menjadi incaran pasar negara Asia lainnya.

Oleh karena dianggap memiliki banyak khasiat, pamor tanaman yang banyak tumbuh di pedalaman Kalimantan Tengah tersebut terus meningkat.

Kayu bajakah sudah lama di manfaatkan oleh para masyarakat sekitar sebagai obat.

Owner label Herbal Borneo, M. Khalid mengatakan bajakah adalah tumbuhan yang telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

"Kerana banyak manfaatnya, bajakah hadir dalam bentuk teh di Herbal Borneo agar mudah dikonsumsi," ujar pada Bisnis, Rabu (26/5/2021).

Berikut fakta dari tanaman bajakah :

1. Tumbuh di hutan

Cara hidup tanaman bajakah ini merambat pada pohon kayu. Mereka tumbuh di hutan belantara yang ada di hutan Kalimantan. Diperlukan kegigihan untuk mencari tanaman tersebut.

2. Aneka Jenis

Bajakah terdiri dari beberapa jenis. Mulai dari tempala, bajakah kalawit, akar bajakah merah, akar bajakah putih, dan akar bajakah kuning. Kekayaan Indonesia yang begitu menakjubkan, membuatnya tak heran memiliki beragam tanaman yang masih belum diketahui. Saat ini masih di cari tahu dan diteliti jenis bajakah lainnya.

3. Kandungan bajakah

Berdasarkan penelitian bajakah mengandung fenolik, flavonoid, tanin, dan memiliki aktivitas antioksidan. Karena itu pula tanaman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

4. Obat berbagai penyakit

Bajakah dapat mengobati degeneratif, seperti diabetes, kanker, tumor dan lain-lain.

5. Warisan nenek moyang

Masyarakat dayak sejak dulu sudah menaruh hati pada khasiat tanaman bajakah. Selain untuk mengobati berbagai macam penyakit, tanaman tersebut digunakan untuk mengembalikan stamina warga saat beraktifitas di hutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro