Rambut rontok/huffingtonpost
Health

10 Cara Deteksi Kesehatan Anda Lewat Wajah

Jessica Gabriela Soehandoko
Senin, 12 Juli 2021 - 18:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wajah adalah bagian tubuh yang paling sering Anda lihat atau Anda periksa berkali-kali dalam sehari.

Terkadang untuk mengetahui kondisi seseorang, manusia menilai dari wajah dikarenakan dapat menggambarkan seluruh kisah atau kondisi tubuh. Terkadang wajah terlihat cukup lelah atau sedih kila sedang sakit ataupun depresi. Namun jika wajah yang tampak puas akan terlihat di saat-saat bahagia.

Oleh karena itu, dilansir dari timesofindia, berikut beberapa faktor penting yang dapat memberitahu Anda mengenai kondisi kesehatan yang dapat dikenali melalui wajah.

1. Wajah dan mata kuning

Jika melihat wajah dan mata yang kuning, ini merupakan gejala dari penyakit kuning. Wajah dan mata terlihat kuning karena akumulasi banyak produk limbah dalam tubuh Anda dan pecahnya sel darah merah. Banyak masalah kesehatan serius lainnya dapat disertai dengan penyakit kuning seperti infeksi virus (hepatitis, mononukleosis), gangguan hati, kandung empedu atau pankreas.

2. Rambut rontok di wajah

Kondisi ini dapat menjadi indikasi indikasi alopecia areata jika Anda kehilangan bulu mata atau alis dan bercak rambut Anda. Hal ini terjadi dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang menargetkan folikel rambut Anda. Tidak ada cara untuk menghentikan kondisi ini, namun obat-obatan atau tonik yang diresepkan dapat membantu regnerasi folikel rambut.

3. Mata bengkak

Terjadi karena cairan di daerah di bawah mata Anda yang memberikan tampilan bengkak atau bengkak. Penyebab mata bengkak terjadi karena sebagai berikut.

- Tidur yang kurang cukup
- Asupan garam yang berlebihan
- Perubahan hormonal
- Iklim panas dan Lembab
- Usia tua, karena otot yang menopang mata melemah
- Reaksi alergi
- Dandan
- Sabun atau pembersih
- Wewangian

4. Pertumbuhan rambut wajah yang tidak tepat

Hal ini dapat dilihat pada pria di sekitar telinga dan alis atau di sekitar dagu pada wanita. Kondisi ini tidak terlalu parah namun pada kasus tertentu bisa menjadi indikasi atau gejala sindrom ovarium polikistik (PCOS) pada wanita.

5. Bibir kering dan berdarah

Kondisi ini dapat terjadi jika mengalami kondisi seperti dehidrasi, alergi atau reaksi terhadap obat, seperti steroid. Selain itu, kondisi ini juga sering terjadi jika berada di musim dingin. Petroleum jelly, minyak kelapa atau balsem dapat membantu melindungi dan melembabkan.

6. Tahi lalat

Tahi lalat tidak perlu Anda khawatirkan dikarenakan dapat menjadi tanda lahir dan tidak berbahaya. Namun jika Anda menemukan hal yang tidak normal seperti warna, bentuk, ukuran dan sensasi, perlu bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter, dikarenakan dapat menjadi tanda kanker yang cukup besar.

7. Melepuh

Lepuh atau luka dingin ini dihasilkan oleh virus herpes simpleks tipe 1. Herpes oral adalah jenis yang paling umum yang dikarenakan menyebar melalui air liur atau cairan tubuh. Virus menjadi aktif dan mengembangkan gejala seperti luka ketika seseorang mengalami depresi, sakit, atau lelah.

8. Ptosis atau kelopak mata turun

Ptosis atau blepharoptosis, yang membatasi penglihatan yang biasanya sudah ada sejak lahir dan biasanya tidak berbahaya. Namun, hal ini dapat mengindikasikan masalah dengan otak, saraf atau rongga mata Anda. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter jika disertai dengan otot yang lemah, mengalami kesulitan menelan, sakit kepala yang parah dan penglihatan ganda.

9. Benjolan di kelopak mata

Disebut juga dengan Xanthelasma, bergelombang kuning yang muncul di sekitar kelopak mata atas dan bawah. Hal ini terjadi dikarenakan kolesterol yang tidak berbahaya dan tidak menyakitkan, dan dapat dihilangkan. Kadang-kadang dapat menunjukan penyakit jantung atau risiko serangan jantung pada seseorang.

10. Melasma

Melasma adalah bintik-bintik kulit abu-abu-coklat di wajah Anda. Hal ini dipicu oleh perubahan hormonal selama kehamilan atau penggunaan obat pengendalian kelahiran tertentu. Biasanya bintik-bintik tersebut dapat memudah dengan sendirinya pada periode pasca kehamilan atau ketika berhenti minum obat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro