Vitamin K
Health

Penting Nih, Vitamin K dapat Turunkan Risiko Penyakit Jantung Lho

Ni Luh Anggela
Kamis, 12 Agustus 2021 - 11:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penyakit kardiovaskular menjadi penyebab utama kematian secara global, dimana sekitar 17,9 juta jiwa meninggal dunia setiap tahunnya.

Lebih dari empat dari lima kematian kardiovaskular disebabkan oleh serangan jantung dan stroke, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
 
Sebuah studi baru menemukan bahwa vitamin K bisa menjadi kunci dalam mencegah penyakit tersebut. Para peneliti menemukan bahwa diet kaya vitamin K dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular terkait aterosklerosis hingga 34 persen.
 
Studi yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, memeriksa data dari lebih dari 50.000 orang.
 
Ada dua jenis diet vitamin K: Vitamin K1, yang ditemukan terutama dalam sayuran berdaun hijau dan minyak nabati, dan Vitamin K2, yang ditemukan dalam daging, telur, dan makanan fermentasi.
 
Tim menemukan bahwa peserta dengan asupan vitamin K1 tertinggi memiliki kemungkinan 21 persen lebih rendah dirawat di rumah sakit dengan penyakit kardiovaskular terkait aterosklerosis.
 
Pedoman diet saat ini untuk konsumsi vitamin K, umumnya hanya didasarkan pada jumlah vitamin K1 yang harus dikonsumsi seseorang untuk memastikan darahnya dapat menggumpal. Namun, dalam siaran persnya, Nicola Bondono mengatakan ada bukti yang berkembang bahwa asupan vitamin K di atas pedoman saat ini dapat memberikan perlindungan lebih lanjut terhadap perkembangan penyakit lain, seperti aterosklerosis.
 
"Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk sepenuhnya memahami prosesnya, kami percaya bahwa vitamin K bekerja dengan melindungi terhadap penumpukan kalsium di arteri utama tubuh yang mengarah ke kalsifikasi vaskular." kata Nicola.
 
Penyakit kardiovaskular tetap menjadi penyebab utama kematian dan masih ada pemahaman yang terbatas tentang pentingnya berbagai vitamin yang ditemukan dalam makanan dan pengaruhnya terhadap serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri perifer.
 
Dokter Jamie Bellinge menambahkan, temuan ini menjelaskan potensi efek penting yang dimiliki vitamin K pada penyakit pembunuh dan memperkuat pentingnya diet sehat dalam mencegahnya.
 
Tim juga menunjukkan bahwa meskipun ada database komprehensif tentang kandungan vitamin K1 dalam makanan, saat ini data yang tersedia tentang kandungan vitamin K2 jauh lebih sedikit.
 
“Fase penelitian selanjutnya akan melibatkan pengembangan dan peningkatan database tentang kandungan vitamin K2 makanan.” kata Nicola.
 
Menurut Mayo Clinic, penyakit jantung menggambarkan berbagai kondisi yang mempengaruhi jantung. Itu termasuk: penyakit pembuluh darah, seperti penyakit arteri koroner, masalah irama jantung, cacat jantung yang Anda miliki sejak lahir, penyakit katup jantung, penyakit otot jantung dan infeksi jantung.
 
Tanda dan gejala yang umum dan umum dari kondisi ini meliputi: nyeri dada, sesak, tertekan dan tidak nyaman, sesak napas, nyeri, mati rasa, lemas atau dingin di kaki atau lengan Anda (jika pembuluh darah di bagian tubuh itu menyempit).
 
Menurut NHS, ada beberapa cara Anda dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner (PJK) "seperti menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol."
 
Badan kesehatan merekomendasikan diet rendah lemak dan tinggi serat, yang harus mencakup banyak buah dan sayuran segar dan biji-bijian. Anda harus membatasi jumlah garam yang Anda makan tidak lebih dari 6 gram sehari, karena terlalu banyak garam akan meningkatkan tekanan darah Anda.
 
Selain  itu, menggabungkan diet sehat dengan olahraga teratur adalah cara terbaik untuk menjaga berat badan yang sehat. Memiliki berat badan yang sehat mengurangi kemungkinan Anda terkena tekanan darah tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro