Makanan organik/roguehealthandfitness.com
Health

5 Cara Membedakan Makanan Organik Asli atau Palsu

Janlika Putri Indah Sari
Jumat, 20 Agustus 2021 - 11:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bahan kimia yang mengancam kesehatan bisa berasal dari makanan yang secara tidak lansung terkontaminasi.

Bahan kimia pada makanan bisa berasal dari pupuk, herbisida, pestisida dan fungisida yang sebenarnya dimaksudkan untuk hama.

Namun cara itu sebenarnya membunuh bakteri penambah kehidupan berharga dan mikroorganisme lain yang sebenarnya baik untuk tubuh.

Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, produk susu dan daging tanpa menggunakan pupuk sintetis, pestisida, hormon atau transgenik disebut produk makanan organik. Kini marak produsen menawarkan produk organik untuk menunjang gaya hidup sehat yang sedang tren saat ini.

Namun, tidak jarang oknum menipu publik dengan menjual makanan organik palsu. Maka dari itu penting untuk memastikan keaslian makanan organik sebelum membelinya.

Dilansir dari graziaindia, Jumat (20/8/2021) berikut cara mengidentifikasi makanan organik asli atau palsu :

1. Tidak akan bertahan terlalu lama

Umur simpan makanan organik relatif lebih pendek karena tidak menggunakan pengawet kimia untuk meningkatkan umur simpan. Jika mempertimbangkan untuk beralih ke cara hidup organik dan alami, Anda harus belajar membeli porsi kecil. Jangan membeli banyak hanya untuk menyimpan stok persediaan makanan, itu akan percuma. Makanan ini tidak akan awet jika di simpan lama. Anda harus membiasakan memasak bahan organik dengan segar.

2. Kaya nutrisi 

Makana organik dipenuhi dengan antioksidan dan mineral, serta vitamin penting lainnya. Tidak hanya memberi kesehatan yang luar biasa tetapi juga membuat rasa makanan benar-benar nikmat. Selain itu, mengkonsumsi makanan organik akan membuat merasa kenyang dan puas dengan makanan tersebut.

3. Tidak terlihat semulus dan berkilau seperti makanan konvensional

Itu karena mereka tidak disemprot, disuntikkan dan di-wax seperti produk umum lainnya. Ukuran dan bentuknya akan bervariasi dan tekstur, warna, dan penampilannya akan berubah di setiap periode. Benjolan dan bentuk aneh inilah yang merupakan salah satu indikator utama produk organik.

4. Berbau khas alam

Makan oragnik punya aroma persis seperti herbal, buah, sayuran atau rempah-rempah alami di tempat tumbuhnya. Sementara itu produk konvensional yang dibersihkan, disiapkan dan disajikan sering kekurangan bau alami dan segar tersebut.

5. Terdapat serangga kecil atau cacing

Jika melihat serangga kecil atau bahkan cacing pada bahan makan, itu itu benar-benar alami dan organik.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, ketika makanan tidak alami tidak akan memiliki tanda-tanda apa pun yang hidup di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro