Ilustrasi gangguan bipolar / Istimewa
Health

Makanan Pantangan untuk Orang dengan Gangguan Bipolar

Ni Luh Anggela
Rabu, 27 Oktober 2021 - 15:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Gangguan bipolar adalah gangguan mental yang ditandai dengan perubahan suasana hati mulai dari posisi depresif (sangat terpuruk) ke manik (sangat senang). Gangguan bipolar dapat terjadi secara bertahap selama beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu. Atau, mereka bisa datang tiba-tiba, terjadi selama beberapa hari saja.
 
Apabila Anda atau orang terdekat Anda memiliki gangguan bipolar, Anda tentu tahu betapa pentingnya mengelola suasana hati dengan obat bipolar dan kebiasaan gaya hidup sehat.
 
Tapi tahukah Anda, bahwa kebiasaan makanan dan suplemen makanan tertentu mungkin berperan dalam membantu atau pun menghambat orang dengan gangguan bipolar.
 
Melansir WebMD, Rabu (27/10/2021), beberapa rekomendasi diet umum  untuk mengobati gangguan bipolar meliputi:

1. Hanya mendapatkan kafein dalam jumlah sedang dan tidak menghentikan penggunaan kafein secara tiba-tiba. Menghindari terlalu banyak kafein dapat membantu untuk mendapatkan tidur yang baik, yang sangat penting bagi orang-orang dengan gangguan bipolar. Ketika seseorang dengan gangguan bipolar merasa tertekan, kafein tambahan untuk sementara dapat menyebabkan peningkatan energi, dan mungkin suasana hati.
 
Masalahnya, kafein bisa mengganggu tidur. Kafein juga dapat menyebabkan kegugupan, jantung berdebar-debar, dan sakit kepala, memperburuk tekanan darah tinggi, atau menyebabkan iritasi pada lambung atau kerongkongan pada orang yang mengalami refluks asam.
 
2. Menghindari makanan tinggi lemak untuk menurunkan risiko obesitas. Selain menurunkan kafein, penting untuk menghindari makanan tinggi lemak dengan beberapa obat bipolar. Makanan tinggi lemak dapat menunda waktu yang dibutuhkan untuk beberapa obat bipolar untuk diserap ke dalam sistem Anda. Bicaralah dengan dokter Anda tentang obat-obatan Anda dan perubahan pola makan yang diperlukan.
 
3. Perhatikan garam Anda jika Anda memiliki tekanan darah tinggi. Tetapi penuhi asupan garam jika Anda sedang diresepkan lithium (asupan garam yang rendah dapat menyebabkan tingkat lithium yang lebih tinggi dalam darah).
 
4. Mengikuti instruksi dokter Anda untuk menjauhi makanan yang dapat mempengaruhi obat bipolar spesifik Anda, jika ada. Jika Anda menggunakan inhibitor MAO (kelas antidepresan tertentu yang mencakup phenelzine (Nardil,) dan tranylcypromine (Parnate), penting untuk menghindari makanan yang mengandung tyramine.Makanan ini dapat menyebabkan hipertensi berat pada orang yang memakai inhibitor MAO.
 
Beberapa makanan tinggi tiramin adalah: pisang dan kulit pisang yang terlalu matang, keju fermentasi, daging tua, beberapa anggur dan kecap dalam jumlah banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro