Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hindari 6 Kebiasaan Makan Ini Jika Tidak Ingin Kolesterol Tinggi

Berikut 6 kebiasaan makan yang harus dihindari karena bisa menimbulkan kolesterol tinggi di tubuh Anda seperti dilansir dari eatthis.com, Kamis (28/10/2021).
Dinda Aulia Ramadhanty
Dinda Aulia Ramadhanty - Bisnis.com 28 Oktober 2021  |  21:10 WIB
Ilustrasi wanita merasa bersalah akibat makan fast food yang mengandung kolesterol tinggi - Freepik.com
Ilustrasi wanita merasa bersalah akibat makan fast food yang mengandung kolesterol tinggi - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kolesterol merupakan salah satu kandungan yang dibutuhkan tubuh, tetapi dapat berisiko buruk bagi kesehatan. Hindari 6 kebiasaan makan berikut ini jika tidak ingin kolesterol tinggi.

Sala satu penyakit yang bisa muncul akibat kolesterol tinggi, yaitu serangan jantung. Risiko tersebut terjadi karena timbunan lemak yang menempel di pembuluh darah dan akhirnya membatasi aliran darah ke arteri.

Berikut 6 kebiasaan makan menurut ahli gizi yang perlu dihindari karena bisa menimbulkan kolesterol tinggi di tubuh Anda seperti dilansir dari eatthis.com, Kamis (28/10/2021).

1. Hindari Makan Lemak Jenuh

Kebiasaan pertama bermula dari menimbun makanan yang tinggi lemak jenuh seperti kue, kue kering, bacon, dan sebagainya. Hal ini yang perlu diubah dengan mencoba untuk tetap berpegang pada pola makan nabati.

Makanan padat kalori yang tidak sehat tidak bermanfaat bagi sistem pencernaan secara keseluruhan dan dapat menyebabkan gangguan pada kondisi kesehatan.

Sebaliknya, diet yang penuh dengan sayuran dan buah-buahan segar memberi banyak kadar antioksidan yang terbukti disampaikan ahli gizi bersertifikat Serena Poon, mampu mencegah kolesterol LDL sebelum menjadi masalah.

"Jika Anda memutuskan untuk beralih ke pola makan nabati, pastikan untuk tetap makan sayuran dan buah-buahan segar, biji-bijian, dan kacang-kacangan dan polong-polongan," kata Poon seperti dikutip dari eatthis.com pada Kamis (28/10/2021)

Selain itu ditambahkan, makanan vegan kemasan cenderung tinggi sodium dan bahan-bahan lain yang dapat menyebabkan peradangan. Oleh karena itu, konsumsi berbagai macam warna sayuran dan buah-buahan untuk mendapatkan manfaat terbesar.

2. Hindari Banyak Minum Alkohol

Pada kebiasaan kedua ini, Poon mengatakan alkohol memiliki hubungan yang rumit dengan kolesterol. Dengan minuman keras terlebih melebihi kadar yang moderat untuk tubuh dapat berdampak buruk dengan beberapa tingkat yang berbeda.

Dia biasanya merekomendasikan agar orang menikmati alkohol dalam jumlah yang sangat moderat.

"Hampir semua orang yang bekerja dengan saya dan telah mengurangi konsumsi alkohol telah melaporkan progres hebat, bersama dengan keseimbangan sejumlah biomarker, termasuk menurunkan kolesterol secara keseluruhan," jelasnya.

3. Hindari Makanan Olahan

Pendiri Ancient Nutrition Dr. Josh Axe memaparkan dirinya memfokuskan kepada makanan cepat saji atau makanan olahan yang mengandung karbohidrat dan gula tambahan yang sangat tinggi.

Jika seseorang rutin makan makanan ini, lanjutnya, maka dia meningkatkan peluang bertambahnya kadar trigliserida dan penurunan kolesterol lipoprotein densitas tinggi.

Meskipun karbohidrat menyediakan bahan bakar untuk tubuh dan mereka dibutuhkan untuk tingkat energi yang sehat, mereka tidak boleh membuat lebih dari 60 persen dari porsi makan.

"Jika diharuskan, tetap harus berupa karbohidrat kompleks yang padat nutrisi seperti ubi jalar, pisang, dan lainnya," imbuhnya. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kolesterol tips sehat serangan jantung Gejala Penyakit
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top