Ilustrasi stres/Reuters-Paul Hackett
Health

Terbukti, Stres Picu Covid-19 Makin Parah

John Andhi Oktaveri
Selasa, 28 Desember 2021 - 20:12
Bagikan

Faktor Peradangan

Bagaimana stres atau pengalaman hidup yang penuh tekanan mempengaruhi kita untuk mengubah kemungkinan kita jatuh sakit?

Salah satu faktor utamanya ternyata adalah peradangan.

Peradangan berfungsi memindahkan sel-sel kekebalan tubuh yang penting dalam tubuh, sehingga sel-sel yang tepat hadir di lokasi yang tepat pada waktu yang tepat dan pada tingkat yang tepat.

Ketika stres tinggi dan berlangsung lama, hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang, mengarah ke tingkat peradangan yang lebih tinggi dari biasanya dan merugikan kesehatan.

Banyak kondisi terkait gejala Covid-19 yang parah hingga mejalani rawat inap dikaitkan dengan tingkat stres dan peradangan yang lebih tinggi sebagaimana penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Bahkan Covid-19 mengaktifkan peradangan dengan cara yang sama seperti stres kronis dan menghasilkan "badai sitokin". Ini mungkin sebagian karena aktivitas hormon stres seperti kortisol, yang dinyatakan tinggi pada kasus Covid-19 paling parah,  termasuk meningkatkan risiko kematian.

Stres dan ketenangan perlu diperhatikan, terutama selama masa pemulihan tingkat infeksi Covid-19 dan varian baru di seluruh dunia.

Memiliki sistem kekebalan yang berfungsi optimal tidak begitu penting.

Bahkan jika Anda cukup beruntung tinggal di suatu tempat dengan tingkat Covid-19 rendah atau jika telah divaksinasi, ternyata stres, kesepian, dan fenomena terkait peradangan juga kunci penentu sebaik apa tubuh merespons vaksinasi. Seberapa banyak antibodi pelindung yang Anda hasilkan sebagai respons terhadap vaksin.

Hal ini memberi kita alasan lain untuk fokus pada kesehatan, termasuk kesehatan mental.

Tetaplah berhubungan sosial, meskipun harus secara virtual. Fokus pada apa yang bisa Anda kendalikan daripada apa yang tidak bisa dikendalikan. Luangkan waktu setiap hari untuk melakukan sesuatu yang membuat bahagia. Istirahat dan jangan lupa prioritaskan tidur dan olahraga.

Ingat pikiran Anda mempengaruhi tubuh terutama terkait Covid-19. Pada akhirnya adalah menjaga kesehatan, terutama tingkat stres menjadi sangat penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro