Ilustrasi perempuan yang mengalami gejala varian Omicron/Parade
Health

Waspada! Ini Gejala Long Covid yang Dirasakan di Kulit

Lukman Nur Hakim
Senin, 21 Februari 2022 - 14:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Virus Covid-19 saat ini memiliki gejala hampir sama dengan penyakit umum lainnya. Waspada, gejala long Covid yang bisa terlihat di kulit Anda.

Parahnya, gejala Covid-19 yang berada pada kulit Anda bisa saja terjadi selama berbulan-bulan lamanya. Hal ini disebabkan dengan siklus long Covid yang mungkin Anda alami.

Dilansir dari Times Of India pada Senin (21/2/22), ada tanda-tanda yang bisa Anda lihat di kulit ketika terkena long Covid. Tanda umum long Covid yang mungkin Anda rasakan di kulit, yakni sensasi kesemutan. Kulit Anda mungkin mengalami kesemutan, tertusuk-tusuk, kesemutan atau mati rasa pada kulit.

Dalam istilah medis, sensasi kesemutan disebut paresthesia. Mati rasa atau rasa terbakar sebagian besar dirasakan secara ekstrem di tangan, lengan, tungkai, atau kaki. Selain itu, bisa juga dialami di bagian tubuh lainnya.

Hal ini disebabkan ketika terlalu banyak tekanan ditempatkan pada saraf yang memasok darah ke anggota tubuh dan hilang saat kita menggerakkan tubuh kita. Namun, dalam kasus long Covid, hal itu disebabkan tanpa alasan dan mungkin mengganggu untuk waktu yang lebih lama.

Rasa kesemutan di kulit hanyalah salah satu gejala long Covid. Tanda umum lain yang perlu Anda waspadai, antara lain kelelahan, sesak napas, batuk, nyeri sendi, nyeri dada, ingatan, nyeri otot, dan jantung berdebar.

Tidak ada tes khusus yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah Anda terkena long Covid. Satu-satunya pilihan adalah menunggu dan mencari beberapa tanda yang tidak biasa. Jika Anda mengalami gejala apa pun, segera konsultasikan dengan dokter Anda untuk memulai perawatan dan menghindari komplikasi.

Long Covid sendiri dirasakan oleh masyarakat setelah terinfeksi virus corona. Seperti diketahui, seseorang menunjukkan gejala dalam waktu 7 hingga 10 hari. Tanda-tanda ini menjadi lebih baik dalam waktu 15 hari dalam kasus infeksi ringan.

Secara klinis, tanda-tanda infeksi virus corona yang muncul sekitar 90 hari setelah infeksi awal menghilang disebut long Covid. Gejala Covid yang panjang ini hilang seiring waktu atau bahkan mungkin memerlukan rawat inap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro